Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Diet Alami dan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Idaman dengan Cepat




Jakarta Isu kenaikan berat badan tak lekang dimakan waktu. Setiap orang berlomba ingin memiliki berat badan idaman. Namun tak semua orang bisa sabar dalam melakukan proses diet sehingga dipilihlah metode diet ketat atau mengonsumsi obat-obatan.

Diet tidak melulu ketat atau bahkan harus memakai obat. Nyatanya banyak pula cara diet alami dan sehat tanpa obat yang mudah untuk dilakukan sendiri. Tapi mengapa harus diet?

Di zaman yang semakin kompleks ini, tingkat bahaya penyakit semakin tinggi. Diabetes, kolesterol, penyakit jantung tak lagi hanya menyasar orang-orang lanjut usia. Dewasa muda bahkan remaja pun bisa terkena penyakit tersebut.


Kelebihan berat badan atau yang biasa kita sebut dengan obesitas, memiliki banyak sekali potensi mengundang penyakit datang ke tubuh. Sebenarnya setiap orang memang diharuskan memiliki sejumlah lemak untuk menyimpan energi dan lainnya, namun jika jumlahnya berlebihan, maka lemak yang tertimbun dapat merugikan metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami obesitas memang sudah seharusnya mencoba mencari cara menguruskan badan secara alami dengan cara diet alami dan sehat. Tapi sebelum Anda mengetahui cara diet yang alami dan sehat, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu masalah kesehatan apa saja yang nantinya akan dialami oleh orang penderita kelebihan berat badan.




1. Obesitas
Masturbasi
Kegemukan (Foto: Getty)
Secara kesehatan, seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas ketika berat badan mencapai 15 persen lebih berat dari berat badan idealnya. Berikut pengelompokkan obesitas.

Obesitas ringan, kelebihan berat badan mencapai 20 persen hingga 40 persen.Obesitas sedang, kelebihan berat badan mencapai 41 persen hingga 100 persenObesitas berat, kelebihan berat badan mencapai 100 persen

Banyak sekali masalah kesehatan yang timbul karena obesitas. Berikut macam-macam penyakit yang timbul akibat obesitas.

2. Gangguan Otak
Seperti yang dilansir dari My Health News Daily, obesitas dapat mempengaruhi otak seperti berikut:



Mengubah kerja sistem imun, risiko inflamasi menjadi meningkat. Kemudian inflamasi ini akan memengaruhi otak dan menghancurkan beberapa bagiannya sehingga suasana hati mudah berubah hingga sulit untuk menghentikan kebiasaan makan berlebih.Demensia, berhubungan dengan inflamasi akibat obesitas, ternyata dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi gampang stress. Ukuran otak juga bisa mengecil akibat adanya lemak di perut sehingga risiko demensia dapat meningkat.Merusak memori, menurut studi Journal of the American Society, hormon yang diproduksi oleh lemak bisa menyebabkan inflamasi sehingga memengaruhi bagian kognitif yang akibatnya membuat seseorang kehilangan ingatan.

3. Penyakit Jantung
Bahaya obesitas dapat memicu terjadinya serangan jantung, sebab lemak yang berlebih dapat menutupi pembuluh darah pada jantung sehingga menjadi tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka serangan jantung pun dapat terjadi termasuk jantung koroner. Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jantung antara lain :

Mengalami sakit pada bagian dada yang seperti ditekanSakitnya menjalar ke leher seperti tercekik dan ke lengan kiriSakit pada bagian ulu hatiDenyut nadi melemahMengeluarkan keringat dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak.

4. Hipertensi
Obesitas memiliki hubungan yang erat dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini bisa terjadi akibat seringnya mengonsumsi makan penyebab darah tinggi, kolesterol dan lemak berlebih yang akhirnya dapat memicu penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah.

5. Gangguan saluran pernapasan
Bahaya obesitas dapat menyebabkan gangguan pernapasan, karena terjadi penimbunan lemak yang berlebihan di bawah diafragma dan pada dinding dada hingga menekan paru-paru. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernapas. Pada saat tidur, gangguan pernapasan bia berhenti untuk sementara (obstructive sleep apnea).





Posting Komentar untuk "5 Cara Diet Alami dan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Idaman dengan Cepat"