Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Harus Selalu Mengingat Allah SWT

Harus Selalu Mengingat Allah SWT

Harus Selalu Mengingat Allah SWT

“Wahai orang-orang yang beriman, banyaklah kamu mengingat nama Allah dan bertasbihlah di waktu pagi dan petang.” – (QS. Al- Ahzab: 41- 41)


Kata kata mutiara Islami dari ayat Alquran di atas dikhususkan bagi umat Muslim (beriman) agar selalu mengingat nama Allah sepanjang hari. Di mana pun dan kapan pun kamu  berada, selalu bertasbihlah. Ini merupakan salah satu cara yang diperintahkan untuk mengingat Allah SWT.  Banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Selain mendapatkan pahala (insya Allah), hati akan menjadi tentram dan damai.
Menurut kutipan di atas, lebih baik menghabiskan waktu luangmu untuk bertasbih atau berzikir dibandingkan dengan melakukan hal-hal yang kurang penting seperti melamun, bergosip, nonton film atau acara yang tidak mendidik, dan banyak hal lainnya.
Sesungguhnya Allah SWT mencintai hamba Nya yang selalu mengingat-Nya.

Tidak Semena-mena terhadap Orang Lain


Rasullah bersabda:
“Takutlah kepada doa orang-orang yang teraniaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkan).” – HR. Muslim
Kata kata nasehat dalam Islam ini sering diucapkan atau diperdengarkan. Namun banyak orang yang tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena bertindak berdasarkan nafsunya semata. Kita tahu jaman now banyak tindakan semena-mena terjadi disekeliling kita. Tidak perlu disebut satu satu, Anda bisa membacanya di berbagai media atau bisa juga terjadi di kehidupan sehari-hari kita.
Pesan intinya adalah janganlah kita berbuat hal-hal yang dapat menyakiti orang lain. Kita diperintahkan untuk menjaga sikap dan lisan kepada orang lain, tidak hanya kepada pemeluk satu agama tetapi terhadap pemeluk agama lainnya.
Jika seseorang kita sakiti dan masuk kriteria orang teraniaya seperti peringatan hadist diatas, maka apapun yang mereka doakan (untuk kebaikan mereka atau bisa jadi keburukan bagi si penganiaya) akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jangan pernah membuat seseorang teraniaya akibat perbuatan kita.

Kendalikan Emosi

Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali”.
Apakah kamu suka marah-marah untuk melampiaskan emosimu? Sebaiknya, mulai sekarang cobalah untuk mengontrol amarah, sehingga sikapmu dapat lebih terjaga (misalkan kamu tidak berkata atau berbuat kasar pada orang lain).
Banyak kutipan kutipan Islam mengungkapkan bahwa setan akan senang melihat orang yang terbakar emosinya. Ketika marah, setan akan lebih mudah membujuk dirimu untuk melakukan hal-hal yang dapat kamu sesali jika itu berdampak buruk bagi orang lain dan dirimu.
Banyak orang tega melakukan hal-hal di luar nalar seperti kekerasan fisik sampai perkataan kasar yang menyakitkan ketika emosi. Agar bisa mengendalikan sikap dan tingkah laku, berusahalah untuk selalu mengontrol emosi sehingga kamu bisa mengontrol tindakanmu sendiri.
Ketika emosi muncul, tahan dulu perkataan dan perbuatanmu sampai emosimu mereda. Sebelum kamu bertindak munculkan sifat ikhlas dalam hatimu bahwa semua tindakan mu hanya untuk Allah SWT semata. Apapun hasilnya ikhlaskan saja dan serahkan pada Allah. Lalu diskusikan mengenai unek-unekmu itu dengan perkataan yang lembut.
Menjadi Wanita Muslimah dan Bersyukur
Saudariku Muslimah. Jadilah Engkau wanita mukminah dan bersyukur. Jangan menjadi wanita yang kafir dan kufur”.
Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mukminah pada kata mutiara Islami untuk wanita di atas ? Wanita mukminah ialah wanita yang selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Apapun yang diperintahkan-Nya selalu dipenuhi, serta segala larangan-Nya dijauhi.
Salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT adalah rasa syukur kita atas segala karunia yang kita dapat. Tidak hanya mensyukuri materi yang dapat dilihat kasat mata, namun juga syukuri hal-hal yang banyak kurang mendapat perhatian seperti hirupan nafas, kesehatan, keluarga, umur, keimanan, senyuman dan lain lain.

Posting Komentar untuk "Harus Selalu Mengingat Allah SWT "