Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ternyata Beginilah Pesan Rasulullah SAW untuk para Suami

Hikmah
Ternyata Beginilah Pesan Rosulullah SAW Untuk Para Suami-Jadilah engkau bagi istrimu sebagai seorang ayah, ibu dan saudaranya; karena dia telah meninggalkan ayah, ibu dan saudara-saudaranya dengan mengikutimu.
Karenanya, dia harapkan engkau memiliki kasih sayang seorang ayah, lemah lembut seorang ibu dan pengayom seorang saudara.

HR Tirmidzi
Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluargaku.

Aisyah berkata,' Rasulullah tidak pernah berkata kotor, berperilaku kasar, membuat gaduh di pasar, dan tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan. Rasulullah adalah sosok pemaaf dan berlapang dada'

Baca Juga:  Kata Kata Inspirasi dari Siti Khadijah, Ibu Dari Ibu

HR Muslim
Berpesanlah kepada wanita (istri) dengan kebaikan. Karena mereka adalah penolong di sisi kalian, mereka kalian ambil dengan amanat dari Allah dan kalian menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah.

Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, Dia tidak akan lurus untukmu di atas satu jalan. Jika engkau bersenang-senang dengannya, maka engkau bisa melakukannya. Namun dalam dirinya ada kebengkokan. Bila engkau paksakan untuk meluruskannya maka engkau akan mematahkannya, dan patahna itu adalah menceraikannya.

Janganlah seorang mukmin membenci wanita yang beriman. Jika ia membenci salah satu perangainya maka masih ada perangai lain yang menyenangkannya.

Rasulullah bersabda,'Satu dinar yang kamu belanjakan untuk menafkahi keluargamu, lebih besar pahalanya dari dinar yang kamu keluarkan untuk peperangan di jalan Allah, memerdekakan budak, dan memberi sedekah kepada orang miskin'.

Diriwayatkan dari Abi Sa'id al-Khudri, Rasulullah saw bersabda,'Sesungguhnya manusia paling buruk tempatnya di sisi Allah pada Hari Kiamat adalah suami yang mendatangi istrinya dan istrinya mendatanginya (berhubungan intim) lalu dia sebarkan rahasianya.

HR Bukhari - Muslim
Berpesan baiklah terhadap para wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok ialah yang paling atas.
Jika engkau memaksa meluruskannya, maka akan patah dan jika engkau membiarkannya pasti akan tetap bengkok, oleh karenanya berpesan baiklah terhadap para wanita.

HR Ahmad
Aisyah berkata,'Rasulullah sekalipun tidak pernah memukul seorang pembantu, wanita atau siapa pun dengan tangan beliau kecuali saat berperang di jalan Allah. Bila diberi pilihan, Rasulullah Memilih yang paling mudah selama tidak membawa dosa. Jika berakibat dosa, sungguh Rasulullah adalah orang yang paling menjauhinya. Rasulullah tidak pernah dendam kecuali terhadap seseorang yang menodai agama Allah.

HR Muslim dan Ahmad
Aisyah juga pernah meriwayatkan,'Jika Rasulullah mengambil secangkir air untuk minum lalu aku meminumnya --padahal waktu itu aku sedang haid--, Rasulullah juga meminum air tersebut di bagian bekas mulutku. Dan jika aku memakan sepotong daging, Rasulullah juga memakannya di bagian bekas gigitanku itu'.

Aisyah meriwayatkan,'Pada suatu hari Rasulullah saw berkata kepadaku,'Wahai A'isy, Jibril menyampaikan salam untukmu'.

HR an-Nasa'i dan Ibnu Hibban)
Rasulullah saw bersabda,'Sesungguhnya cemburu itu ada yang dibenci Allah, yaitu cemburu suami kepada istrinya tanpa alasan yang pasti'.

Muttafaq'alaih
Allah mencintai seorang suami yang bangun di malam hari dan melakukan shalat malam, lalu membangunkan istrinya sehingga dia (ikut) shalat, dan jika dia enggan (bangun) dia memercikkan air ke wajahnya.
Dan Allah mencintai istri yang bangun di malam hari, lalu shalat, dan membangunkan suaminya, dan jika enggan dia memercikkan air ke wajahnya.

HR Abu Dawud
Mu'awiyah bin Haidah berkata,'Aku pernah bertanya kepada Rasulullah,'Apa hak istri terhadap suaminya?' Rasulullah menjawab,'Memberi makan jika kamu makan, memberi pakaian jika kamu berpakaian, jangan memukul wajah, jangan menghina, dan jangan pula meninggalkan istri kecuali dia tetap berada di rumahnya'.

Posting Komentar untuk "Ternyata Beginilah Pesan Rasulullah SAW untuk para Suami"