Minggu, 17 Maret 2019

Kata Kata Bijak Yang Baik Yang Akan Memotivasi Hidupmu

Hanya Allah saja yang tidak bisa dikalahkan. Ketika semua terasa begitu berat, masalah datang tindih menindih, kekecewaan bersenang-senang dalam kehidupan kita, kadang yang bisa mengobati hanyalah kata-kata bijak yang kita baca seorang diri. Kata-kata bijak yang kita baca itu tidak menggurui dilihat dari sisi manapun, sebab kitalah yang menafsirkannya sendiri di saat sepi.

Kita bisa bebas memaknai kehidupan ini secara lebih luas, bahkan di ruangan paling sempit sekalipun. Hingga kita jatuh pada kesimpulan bahwa ‘bersama Allah semua akan baik-baik saja’. 

Ya. Allah tidak pergi dari kehidupan kita, melainkan Dia sedang memberikan nasehat kehidupan yang tidak akan pernah kita temukan kecuali kita merenunginya dalam-dalam. Barangkali, yang kami tuliskan di sini hanyalah sekadar kata-kata bijak, namun semuanya bisa jadi mutiara tergantung bagaimana pemaknaan teman-teman sekalian. Sedikit pengantar untuk kutipan yang lebih banyak, silakan direnungi, teman-teman.


1. KETIKA DIA MEMAAFKANMU, SEMUA KEPERLUAN AKAN DIPENUHINYA

kata kata bijak islam tentang kehidupan “Bila engkau ingin berdoa, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi beraneka ragam kebutuhan (hajat), maka jadikan seluruh doamu itu permohonan ampun kepada Allah (istighfar). Sebab, bila Dia mengampunimu, maka semua hajatmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya.” (Ibnu Qoyyim) Kata-kata motivasi yang disampaikan Ibnu Qoyyim di atas, menjelaskan pada kita semua bahwa yang menghalangi pengabulan doa dan pemenuhan hajat-hajat kita oleh Allah, sebetulnya adalah dosa kita sendiri. Dengan kata ‘waktu begitu sempit’ sebetulnya beliau hendak menyampaikan tentang segala keterbatasan kita dalam berdoa. Sebab, seringkali lidah kita kelu ketika menyampaikan hajat-hajat kita pada Allah karena kita memang banyak dosa.


“Bila engkau ingin berdoa, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi beraneka ragam kebutuhan (hajat), maka jadikan seluruh doamu itu permohonan ampun kepada Allah (istighfar). Sebab, bila Dia mengampunimu, maka semua hajatmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya.” (Ibnu Qoyyim) Kata-kata motivasi yang disampaikan Ibnu Qoyyim di atas,

menjelaskan pada kita semua bahwa yang menghalangi pengabulan doa dan pemenuhan hajat-hajat kita oleh Allah, sebetulnya adalah dosa kita sendiri. Dengan kata ‘waktu begitu sempit’ sebetulnya beliau hendak menyampaikan tentang segala keterbatasan kita dalam berdoa. Sebab, seringkali lidah kita kelu ketika menyampaikan hajat-hajat kita pada Allah karena kita memang banyak dosa. 

2. JANGAN KALAH DENGAN AYAM 

Lukman Hakim Quotes “Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu shubuh sedangkan engkau tetap lelap dalam tidur.” (Lukman Hakim) Lukman Hakim, dengan kata-kata motivasinya sedang menyindir kita semua yang sering kalah dengan ayam dalam berbagai macam hal: bangun pagi, ketersigapan mencari rezeki, dll. Beranikah teman-teman berazam mulai hari ini untuk tidak bangun kesiangan? Kalau belum, malulah sama ayam. Hehe.

3. TUNTUT DIRIMU SENDIRI 

Ibnu Atha’illah Quotes “Janganlah kau tuntut Tuhanmu karena tertundanya keinginanmu. Tetapi tuntutlah dirimu sendiri karena engkau telah menunda adabmu kepada Allah.” (Ibnu Atha’illah) Hikmah di atas ditulis Ibnu Atha’illah di dalam kitab babon para sufi yang masyhur di seantero dunia: Al-Hikam. Kata-katanya sangat dalam dan menyentil. Seringkali kita tenggelam dalam kekecewaan karena doa tidak cepat-cepat dikabul, dan lupa bahwa kita juga begitu ke Allah; selalu menunda-nunda kewajiban ketika seruannya berkumandang. 

4. MEMAAFKAN ADALAH PEMBALASAN TERBAIK 

kata bijak tentang memaafkan “Tidak perlu repot berpikir untuk membalas dendam. Cukup maafkan setiap kesalahan, karena memaafkan adalah pembalasan terbaik.” Memang, pembalasan terbaik bagi orang yang menjatuhkan kita adalah membuktikan padanya bahwa kita bisa memaafkan dan melanjutkan kehidupan dengan lebih baik. 

5. JANJI KEMENANGAN DARI TUHAN Kata-kata bijak tentang kesuksesan “Mengapa lelah? Sementara Allah selalu menyemangati dengan hayya ‘alash shalaah & hayya ‘alal falaah; bahwa jarak kemenagnan hanya berkisar antara kening dan sajadah.” Yang sering terlupa, bahwa tidak sedikit ayat-ayat yang mengatakan tentang kemenangan. Tidak perlu jauh mencari, dalam lafadz adzan saja sudah sangat jelas; mau sukses? Mau menang? Yuk sholat! Sujud! Jarak antara kita dengan kesuksesan sama dengan jarak antara kening kita dengan tanah. Bersikaplah tidak sebagai orang yang gagal! 

6. JANGAN MENOMORDUAKAN AKHIRAT 

Kata-kata mutiara tentang akhirat “Manisnya akhirat mustahil diraih oleh orang-orang yang lebih suka terkenal di mata manusia.” (Bisyir) Kehidupan dunia yang sementara ini memang penuh dengan hingar bingar. Sehingga tidak sedikit yang kemudian berbelok tujuan dari semula menuju kampung akhirat menjadi tersesat di belantara dunia. Semoga Tuhan selalu melindungi kita, ya, teman-teman. 

7. MENGENAL DIRI DAN RABB.


“Yang mengenal dirinya akan sibuk dengan memperbaiki kekurangannya; yang mengenal Rabbnya akan sibuk menundukan hawa nafsunya.” (Ibnu Qayyim) Siapa yang mengenali dirinya, dia kan mengenali Tuhannya. Tahap pertama adalah dengan memperbaiki kekurangan kita; merubah kebiasaan-kebiasaan buruk, melakukan gerak-gerak amal shalih, dan yang terakhir: menundukkan hawa nafsu.

8. KECANTIKAN DAN KETAMPANAN HANYA BUNGKUS Kata

kata bijak Islam tentang kecantikan “Kecantikan dan ketampanan bukanlah pada paras wajah yang menawan, tapi pada hati yang penuh keimanan dan ketaqwaan.” Isi sebelum bungkus. Saya jadi ingat salah satu tulisan Cak Nun di bukunya yang berjudul BH. Beliau menulis di salah satu esainya yang berjudul ‘Pilih Kutang Ukuran 36B atau Isinya 36B?’ tentang hakikat dari segala apapun yang kita punya. Cak Nun menulis “Rumah yang indah itu hanya bungkusnya, keluarga bahagia itu isinya. 

Pesta pernikahan hanya bungkusnya, cinta kasih, pengertian, dan tanggung jawab itu isinya. Kekayaan itu hanya bungkusnya, hati yang gembira itu isinya. Makan enak hanya bungkusnya, gizi, energi, dan sehat itu baru isinya. Kecantikan dan ketampanan itu bungkusnya, kepribadian dan hati isinya … … buku hanya bungkusnya, pengetahuan itu isinya. Jabatan hanya bungkusnya, pengabdian dan pelayanan baru isinya. Pergi ke tempat ibadah itu bungkusnya, melakukan ajaran agama isinya. Kharisma hanya bungkus, karakterlah isinya. Rizki hanya bungkusnya, barokahlah isinya. 

9. TANDA CINTA KEPADA ALLAH 

Kata-kata bijak Islam tentang cinta “Tanda cinta kepada Allah adalah banyak mengingatNya, karena tidaklah engkau menyukai sesuatu kecuali engkau banyak mengingatnya.” Betul. Saat kita mencintai sesuatu, pasti akan selalu terbayang-bayang sesuatu itu di setiap kondisi, di mana pun, kapanpun. Itulah memang tanda cinta. Begitu juga ketika kita mencintai Allah. 

10. PASRAH PADA SETIAP APAPUN KETETAPAN 

Kata-kata bijak Islam tentang berserah diri “Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah.” Pasrah bukan berarti menyerah. Pasrah berarti kita setuju dan sepenuhnya percaya bahwa Allah mempunyai kisah lain yang lebih indah untuk kita. Percaya saja. 

11. MASALAH HARUS DISELESAIKAN BUKAN DIHINDARI 

Kata-kata motivasi agar tidak putus asa “Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan.” Ingat kata-kata motivasi yang sering kami tuliskan di sini: hanya Tuhan yang tidak bisa dikalahkan. Tanamkan itu dalam-dalam, maka mudah-mudahan muncul keberanian untuk menyelesaikan masalah; apapun masalahnya. 

12. ORANG YANG PANTAS KAMU TANGISI 

Kata-kata motivasi tentang cinta “Orang yang pantas kamu tangisi tidak akan membuatmu menangis; orang yang membuatmu menangis tak pantas kamu tangisi.” Ada orang-orang yang dengan mudahnya membuat kita menangis. Itu karena perasaan kita terhadapnya sudah terlalu dalam. Tapi apalagi yang harus kita perjuangkan bila seseorang itu tidak kunjung mengerti kenapa kita menangis? 

13. HUBUNGKAN SEMUA URUSAN PADA ALLAH 

Kata mutiara Islam tentang hubungan dengan Allah “Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah.” Allah adalah pangkal juga ujung segala sesuatu. Urusan kita, Allah sudah tahu. Akhir urusan kita, Allah yang atur. Jadi, senantiasalah berdoa agar dilancarkan segala urusan dan sampai pada ujung yang terbaik. 

14. BERSAMA ALLAH SEMUA AKAN BAIK-BAIK SAJA 

Kata-kata motivasi Islam tentang pasrah pada Allah “Untuk luka yang terhapus senja, untuk duka yang kian meraja, yakinkan hati agar membaja, lalu bisikkan lembut dengan senyuman manja: bersama Allah semua akan baik-baik sja.” (Jefry Akase) Sesulit apapun rintangan yang harus kamu hadapi, akan tetap menjadi sulit bila kamu menghadapinya seorang diri. Ya, hidup memang ternyata sulit, tapi bersama Allah, semua kan baik-baik saja. 

15. TITIPKANLAH SEGALA SESUATUMU PADA AL-QURAN 

Imam Syafi’i Quotes “Bila engkau menginginkan keshalihan hati, keshalihan anakmu, saudaramu, atau siapapun saja, maka titipkanlah ia agar bernaung dalam taman Al-Quran dan bertemankan Al-Quran, niscaya Allah akan menjadikannya shalih dengan seizinNya.” (Imam Syafi’i) Al-Quran adalah pedoman hidup kita di dunia. Menjadi petunjuk jalan, penerang di kala kegelapan, obat di kala sakit, dan segala solusi dari setiap permasalahanmu. Membacanya saja mendapatkan pahala, apalagi bila kita benar-benar mengamalkan apa yang tertulis di sana. Setiap ayat bisa jadi obat mujarab buat teman-teman yang menginginkan keshalihan hati, ketenangan, dll. 

16. MATI ADALAH JODOH YANG PASTI 

Kata-kata motivasi Islam tentang jodoh “Terlalu serius kau menanti, menungguh hadirnya pujaan hati, hingga terlupa persiapkan mati; padahal ia datangnya lebih pasti.” (Jefry Akase) Benar. Kematian datangnya lebih pasti daripada pasangan hidup. Karena itu, sudah sepatutnya kita lebih mempersiapkan untuk menyambut kematian daripada pernikahan. Atau bisa juga mempersiapkan pernikahan untuk kematian yang lebih menyenangkan. Paham maksud kami? 

17. PERCAYA PADA DIRIMU SENDIRI 

Kata-kata motivasi tentang percaya diri “Percayalah pada dirimu sendiri lebih dari siapapun. Jangan biarkan mereka yang membencimu menjadi hambatan untuk kamu terus tumbuh.” Kenali dirimu sendiri sampai ketika kamu jatuh, tidak ada yang sanggup membuatmu bangkit selain dirimu sendiri. Akan ada suatu masa di mana kamu tidak bisa bergantung pada siapapun teman, kecuali Allah dan kemampuan. 

18. JANGAN MEMBENCI KESENDIRIAN 

Kata mutiara tentang kesendirian “Jangan pernah membenci kesendirian. Sesunggunya ia ada agar kita lebih menghargai sebuah kebersamaan.” Sendiri itu hanya bungkus. Perenungan yang sejati adalah isinya. Bila kemudian dengan sendiri kita bisa lebih menghargai sebuah pertemuan, maka kesendirian itu baik untuk kita, bukan? 

19. CARA MEMBERSIHKAN HATI 

Kata mutiara Islam tentang dzikir “Sesungguhnya hati itu berkarat sebagaimana besi berkarat. Cara membersihkannya adalah dengan mengingat Allah.” Mengingat Allah itu bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan kegiatan sosial. Cara ini terbukti ampuh untuk mengobati hati yang sedang sakit. Melihat orang lain yang (terlihat) tidak lebih beruntung dari kita membuat kita sadar, ternyata selama ini kita kurang bersyukur. Itu saja. 

20. MENYERAH ATAU HARAPANMU SIA-SIA 
Kata-kata motivasi tentang kerja keras “Jangan pernah menyerah dengan impian yang sedang kamu bangun. Bila kamu berhenti, semua harapanmu sia-sia.” Tidak semua dalam hidup kita berjalan seperti apa yang kita inginkan. Terkadang, situasi sulit datang silih berganti bukan untuk melemahkan kita, melainkan membuat kita semakin siap dan matang ketika harapanmu, kelak, benar-benar terwujud.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar