Kamis, 07 Maret 2019

Olga Ladyzhenskaya

Kisah Perjuangan Ahli Matematika Rusia, Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Olga Ladyzhenskaya

Bagi pengguna Google Doodle mungkin hari ini akan melihat ilustrasi di atas tempat pencarian

Siapakah dia? Ternyata dia adalah ahli matematika dari Rusia Olga Ladyzhenskaya menjadi sosok di Google Doodle hari ini, siapa dia?
Kenapa ulang tahun Olga Ladyzhenskaya dirayakan oleh Google?

Hari ini Olga Ladyzhenskaya berulang tahun yang ke 97.
Matematikawan dari Rusia ini dikenal sebagai ahli matematika dibagian Persamaan Diferensial Parsial dan hukum Dinamika Fluida.
Google merayakan ulangtahun Olga Ladyzhenskaya dan membuat gambar doodle di search engine-nya dan membuat sebuah video untuk mengenang jasanya terhadap matematika yang diguanakan sampai sekarang.

Menurut rilisan NDTV.com, wanita dengan nama lengkap Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya ini lahir dikota Kologriv, Soviet Union.
Ayah Olga Ladyzhenskaya adalah seorang guru matematika dan menjadi inspirasi Olga Ladyzhenskaya terhadap cintanya kepada matematika.
Ayahnya dilabeli oleh negaranya sendiri negara Uni Soviet sebagai musuh rakyat, bahkan saat Olga Ladyzhenskaya masih berumur 15 tahun, ayahnya ditangkap oleh mentri disana dan lalu dibunuh.
Dan sebagai penerus ayahnya yang memiliki nama Ladyzhenskaya, dia ditolak di Universitas Leningrad Rusia.

Universitas Leningrad adalah salah satu universitas terbesar di Rusia.
Kesempatan kedua menghampiri Olga Ladyzhenskaya, dia akhirnya diterima oleh Universitas Leningrad setelah kematian Joseph Stalin mentri Rusia waktu itu.
Dan setelah belajar dan menjadi murid seorang matematikawan terkenal Ivan Petrovsky, Olga Ladyzhenskaya mendapatkan gelar doktor-nya.

Olga Ladyzhenskaya dikenal karena karyanya pada persamaan diferensial parsial (terutama masalah ke-19 Hilbert) dan dinamika fluida. 
Ia memberikan bukti kuat pertama tentang konvergensi metode beda hingga untuk persamaan Navier-Stokes. 
Wanita ini akhirnya dianugerahi Medali Emas Lomonosov pada tahun 2002 lalu atas berbagai temuannya di bidang matematika.
Google Doodle merayakan ulang tahun Olga Ladyzhenskaya sebagai penghormatan untuk ahli matematika Rusia yang menang atas tragedi pribadi dan rintangan untuk menjadi salah satu pemikir paling berpengaruh di generasinya.

Mari kita simak video tentang  Olga Ladyzhenskaya.
Menarik bukan? ternyata ada seorang jenius matematikawan dari Rusia yang sangat hebat di masa lalu. 

Dilansir wikipedia, sebuah Google Doodle adalah perubahan sementara khusus dari logo homepage atau halaman pertama Google.
Google Doodle biasanya dapat kamu temukan di halaman pertama Google tapi jangan berharap setiap waktu selalu ada.

Google hanya membuat Doodle ketika bertepatan dengan momen tertentu saja.
Misalnya untuk memperingati libur, peristiwa, prestasi, dan orang-orang hebat yang telah berkonstribusi termasuk tokoh-tokoh dari Indonesia.
Google Doodle pertama menghormatinfestival Burning Man pada tahun 1998 yang dirancang oleh Larry Page dan Sergey Brin.
Google Doodles berikutnya dirancang oleh kontraktor luar hingga tahun 2000, ketika Page dan Brin meminta petugas humas Dennis Hwang untuk merancang logo untuk Hari Bastille. 
Sejak itu, tim karyawan bernama Doodlers telah mengorganisasi dan menerbitkan Doodles.
Awalnya, Doodles bukan animasi atau hyperlink tapi hanyalah berupa gambar dengan teks melukiskan subjek atau mengungkapkan ucapan selamat liburan. 
Orat-oret meningkat dalam frekuensi dan kompleksitas pada awal 2010-an. 

Pada Januari 2010, Doodle animasi pertama untuk menghormati Sir Isaac Newton.
Doodle interaktif pertama muncul tak lama setelah merayakan Pac-Man dan hyperlink juga mulai ditambahkan ke Doodles, biasanya menghubungkan ke halaman hasil pencarian untuk subjek Doodle. 
Pada tahun 2014, Google telah menerbitkan lebih dari 2.000 orat-oret regional dan internasional di seluruh homepage-nya serta sering menampilkan artis tamu, musisi, dan kepribadiannya. (Tribunstyle.com/Dhimas Yanuar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar