Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Inspirasi Menu Buka Puasa Praktis Mudah Dan Sehat

Daftar Inspirasi Menu Buka Puasa Sehat Lengkap Dengan Contoh Cara Membuat Berbagai Masakan Resep Buka Puasa dan Sahur Yang praktis dan Sederhana. Buka puasa adalah saat bagi umat muslim dan muslimat membatalkan ibadah puasa yang telah mereka lakukan dalam hari itu. Selain niat puasa yang telah dilakukan di awal dan beberapa rukun puasa lainnya, saatnya berbuka juga menjadi salah satu rukun yang harus dilakukan. Tidak sah seorang muslim berpuasa tanpa berbuka di waktu yang tepat. Saat ini biasanya yang paling kita tunggu tunggu bukan. Berbagai resep makanan, resep takjil dan minuman buka puasa tentu sudah dipersiapkan untuk menyambutnya. Kali ini kita akan memberikan aneka menu buka puasa yang praktis, sehat dan lezat untuk sekeluarga. Oh ya, sebelum menyantap aneka menu masakan ini, jangan lupa baca doa buka puasa dulu ya.


 Tinggi LhoWaktu memang berjalan sangat cepat dan tanpa bisa kita kendalikan. Tidak terasa bukan, ternyata beberapa hari lagi kita sudah memasuki bulan puasa. Bulan yang dinanti oleh umat muslim seleuruh dunia. Berbagai amalan, doa dan aktivitas sehari-hari pun bisa menjadi pahala besar. Dimulai dari niat puasa, sahur, sholat, dzikir, buka puasa dan yang lainnya. Selain syarat rukunnya, tentu kita harus mempersiapkan fisik yang baik. Untuk itu asupan gizi saat kita mempersiapkan menu sahur dan resep menu buka puasa tentu harus diperhatikan. Resep minuman buka puasa juga harus diperhatikan kandungan gizinya supaya tubuh kita kembali segar. Untuk itu kali ini kita akan berikan beberapa inspirasi menu resep buka puasa yang praktis, sehat dan sederhana cara membuatnya.

Tips Membuat Makanan Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat

Untuk membuat menu buka puasa praktis yang mudah buat keluarga di rumah tentu harus diperhatikan beberapa hal penting. Bukan hanya praktis dan mudah saja bukan. Faktor kesehatan tentu juga harus diperhatiakan. Jangan sampai berbagai macam makanan yang yang kita masak dari inspirasi menu resep buka puasa malah membuat sakit perut. Atau malah membuat perut kita terasa penuh sehingga malas untuk beraktivitas atau sholat berjamaah dan tarawih. Berikut beberapa tips berguna saat kita mentiapkan makanan untuk buka puasa di rumah.
  • Saat pertama kali minum, usahakan yang suhunya hangat. Karena tubuh manusia pada dasarnya bersuhu hangat sehingga tubuh tidak perlu lagi beradaptasi dengan minuman yang kita konsumsi saat berbuka puasa.
  • Konsumsi makanan yang mempunyai rasa manis alami. Rasa manis alami ini yang dimaksud adalah berasal dari alam, bukan dari manis gula ataupun syrup. Manis alami didalam kurma atau buah bisa mengembalikan energi yang hilang saat siang hari.
  • Hindari makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak dan dalam jangka waktu lama. Makanan ataupun cemilan gorengan memang sangat mengundang selera. Tetapi saat berbuka puasa sebaiknya dihindari untuk kesehatan tenggorokan kita sendiri.
  • Jangan berbuka puasa dengan minuman kopi atapun yang mengandung soda. Terutama buat teman-teman yang mempunyai sakit maag. Ini benar-benar harus dihindari.
  • Makan menu buka puasa yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat tinggi. Makanan buka puasa jenis ini bagus sekali untuk tubuh dan membuat kita tidak cepat lapar.
  • Yang paling penting jangan makan ataupun minum terlalu banyak. Secukupnya saja ya.
  • Baca doa buka puasa sebelum memulai minum atau makan pertama.
  • Ada banyak sekali variasi resep masakan Indonesia yang bisa kita buat untuk menu resep buka puasa nanti. Mulai dari resep daging sapi, ayam, telur dan lainnya. Tentu saja lebih baik memang kalau kita menyajikan menu buka puasa yang bervariasi untuk mengatasi kebosanan. Yang paling penting, aneka resep buka puasa tadi haruslah sehat dan bergizi tinggi. Untuk ide masakan yang enak dan lezat serta mudah cara membuatnya buat buka puasa bersama keluarga ada dibawah ya.


    1. Kurma dan Segelas Teh Hangat
    Menu buka puasa yang paling pas dan afdol memang menyantap 3 atau 4 butir kurma. Untuk menghilangkan rasa haus sehari bisa diminum segelas teh hangat. Kandungan gula yang ada di kedua makanan dan minuman buka puasa tadi bisa mengembalikan energi untuk kegiatan selanjutnya.
    2. Kolak Biji Salak
    Resep kolak biji salak bisa jadi makanan menu takjil untuk buka puasa yang enak dan sehat. Kandungan karbohidrat dari ubi yang dipakai mampu memberikan tenaga yang dibutuhkan. Perpaduan manis dan gurih santannya juga enak sekali saat disantap buat makanan pembuka.


    3. Buka Puasa Dengan Bubur Sumsum
    Siapa yang tidak mengenal dengan resep masakan Indonesia ini. Bubur sumsum memang salah satu makanan pembuka yang banyak disukai. Teksturnya lembut dengan citarasa gurh santan dan manis nya saus gulanya. Kombinasi rasa ini membuat saat buka puasa kita jadi lebih mengasyikkan.



    4. Menu Buka Puasa Pancake
    Pancake bisa menjadi salah satu menu yang disajikan saat buka puasa. Kandungan protein dan karbohidratnya bagus sekali untuk kebutuhan tubuh saat maghrib datang. Selain itu cara membuat pancake menu buka puasa yang ini sangat praktis dan sederhana. Untuk bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di Resep Pancake Durian dan Resep Pancake Coklat.



    5. Buka Puasa Segar Dengan Es Kelapa Muda
    Tentu tidak ada yang lebih nikmat berbuka puasa dengan es satu ini. Selain segar, menu buka puasa yang ini ternyata juga sehat lho. kandungan air kelapa asli bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang selama seharian. Ada beberapa macam resep es kelapa yang bisa dibuat dengan mudah di rumah, seperti es kelapa muda gula merah, kelapa muda kopyor dan lainnya. Untuk resepnya bisa dilihat di sini ya Es Kelapa Muda.


    6. Menu Buka Puasa Praktis Nasi Goreng
    Menu buka puasa yang simple berikutnya adalah nasi goreng. Ya, resep ini memang mudah dan praktis. Yang paling penting sehat dan mengeyangkan bukan. Seperti pepatah bilang, tidak makan kalau bukan pakai nasi. Untuk menambah nilai gizinya, teman teman bisa menambahkan berbagai bakso, daging ayam goreng, sosis udang ataupun lainnya. Vitamin bisa didapat dari sayuran yang kita pakai.


    7. Sop Ayam
    Resep masakan kali ini memang paling komplit. Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan. Bahkan banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Tanpa nasi putih pun juga nikmat sekali. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.


1 komentar untuk "7 Inspirasi Menu Buka Puasa Praktis Mudah Dan Sehat"