Senin, 15 Juli 2019

10 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil dengan Keuntungan yang Berlimpah


Apakah Anda adalah salah satu karyawan tetap di sebuah perusahaan dan ingin memiliki penghasilan lebih? Usaha sampingan merupakan jalan keluarnya. Usaha sampingan merupakan pilihan bebas untuk karyawan dan perusahaan tidak melarangnya, selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan.
Kendala yang selalu menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan tidak memulai usaha sampingan adalah modal. Banyak diantara kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis sampingan tersebut tidak akan mulai. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan sebagai karyawan maka pinjaman dana tunai dari bank merupakan harapan modal bisnis.
Memang benar, pinjaman bank dapat dijadikan salah satu modal bisnis yang dapat diandalkan. Akan tetapi, ada juga cara lain untuk memulai usaha sampingan Anda tanpa membutuhkan pinjaman. Cara tersebut melalui usaha sampingan modal kecil. Berikut adalah 20 ide yang dapat Anda ikuti untuk usaha sampingan modal kecil lengkap dengan penjelasannya.

1. Jual pulsa elektrik


Modal: Rp 1 Juta
Kini siapa yang lagi yang tidak menggunakan telepon genggam atau Hand Phone (HP). Hampir semua kita memiliki Smart Phone, dan sebagian besar dari penduduk Indonesia menggunakan kartu pra bayar.
Jika Anda mencari usaha sampingan yang memiliki modal serendah Rp 1 juta dengan omzet penjualan yang pasti, jual pulsa elektrik adalah salah satu jalannya. Mudah, tanpa modal besar dan waktu yang fleksibel, inilah kelebihan dari usaha sampingan pulsa elektrik. Anda cuma perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online seperti istana-reload.com atau pulsamurahlengkap.com, kemudian melakukan deposit dari modal. Setelah itu Anda dapat memulai menjual pulsa elektrik dengan harga yang memberikan Anda keuntungan.
Omzet dari usaha sampingan jual pulsa elektrik diperkirakan dapat mencapai Rp 20 triliun setahun. Angka itu berdasarkan dari data pebisnis pulsa skala besar di Jakarta. Permintaan akan pulsa elektrik tidak diragukan lagi keberadaannya di pasaran masyarakat. Baik itu teman kantor, teman kos, tetangga, ataupun relatif Anda dapat menjadi target penjualan bisnis pulsa elektronik.

2. Jual makanan untuk sarapan


Modal: Rp 3 Juta
Jika Anda memiliki keterampilan dalam memasak, maka Anda dapat memulai bisnis sampingan kecil-kecilan ini. Kita semua tahu betapa sibuknya kehidupan sebagai karyawan di pagi hari. Terlebih lagi untuk menyediakan sarapan, itu merupakan sesuatu yang mustahil. Bagi Anda yang memiliki waktu kantor yang fleksibel atau masuk lebih siang maka usaha sampingan menjual sarapan mungkin dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.
Anda tidak perlu memasak sesuatu yang sangat rumit untuk bisnis ini. Cukup masakan masakan sederhana yang memiliki nilai jual tinggi seperti bubur ayam, gorengan dan indomie rebus atau goreng. Mengenai lokasi, Anda dapat memulai usaha ini di depan rumah Anda sebagai awalnya dan menyajikan makanan untuk tetangga Anda.
Untuk memulai usaha ini Anda akan memerlukan bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Anda juga akan perlu membeli minyak goreng, gas, dan kompor jika Anda belum memilikinya. Modal yang diperlukan diperkirakan sebesar Rp 3 Jutaan per bulan dengan keuntungan dapat mencapai Rp 2 Juta per bulan jika penjualan tinggi.

3. Jasa laundry


Modal: Rp 6 Juta
Percaya atau tidak, jasa laundry kiloan merupakan salah satu usaha sampingan dengan modal yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Cukup dengan perkiraan modal sebesar Rp 6 jutaan Anda dapat memulai bisnis ini. Modal ini untuk mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Untuk memperkecil modal Anda dapat memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering.
Di zaman dimana semua orang ingin serba praktis, permintaan untuk layanan mencuci dan menyetrika pakaian pun meningkat. Terutama di kalangan mahasiswa dan karyawan. Dengan menempatkan usaha laundry ini di daerah yang dekat dengan tempat tinggal karyawan atau mahasiswa, Anda dijamin tidak akan kehabisan pelanggan. Kemungkinan besar Anda dapat meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo. Asumsi tarif laundry sekitar Rp 4.000 sampai Rp 6.000 per kilogram.
4. Menjual foto di internet
Modal: Kamera Smart Phone
Jika Anda suka fotografi maka Anda juga dapat memulai menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjual foto online. Anda dapat mendaftarkan diri ke website penjualan foto seperti Istockphoto.com dan ShutterStock.com. Kemudian mengupload foto Anda. Jika ada pengunjung yang ingin membeli foto Anda maka Anda akan mendapatkan komisi.
Untuk Istockphoto komisinya adalah 15% per foto dan ShutterStock 20-30% per foto. agar mendapatkan komisi itu dengan mudah Anda dapat membuat akun di PayPal, sehingga situs-situs tersebut dapat mengirimkannya lewat PayPal.
Modal yang Anda butuhkan hanyalah kamera digital. Anda dapat menggunakan kamera Smart Phone Anda dan memulai mengambil gambar. Pastikan foto Anda berkualitas tinggi dan memiliki karakter atau menjelaskan cerita tertentu. Target pasar Anda adalah website online yang membutuhkan foto untuk website mereka.

5. Jasa cuci motor / mobil

Modal: Rp 2 Juta
Bila lingkungan Anda banyak pemilik motor ataupun mobil, mengapa tidak memulai usaha jasa cuci motor/mobil? Banyak orang rela menanti berjam-jam untuk antrian cuci motor ataupun mobil. Sebagian orang bahkan bersedia meninggalkan kendaraannya dan mengambilnya ketika mobil atau motornya telah selesai dicuci. Usaha sampingan cuci motor/mobil dapat memberikan laba yang cukup tinggi jika Anda memulainya di daerah yang tepat.
Modal usaha ini hanya berkisaran antara Rp 2 jutaan. Anda perlu pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor untuk memulai jasa cuci motor/mobil. Mengenai tempat, Anda dapat memulai dengan daerah perumahaan Anda. Jadi Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa lokasi. Dan ketika Anda melihat masa depan dari bisnis ini maka Anda dapat memulai mengembangkannya dengan membuka cabang di lokasi strategis.

6. Jual beli motor bekas

Modal: Kurang dari Rp 5 juta
Jual beli motor bekas bukanlah sesuatu bisnis yang asing lagi. Jumlah penjualan motor di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat. Dengan begitu jumlah motor bekas pun tidak mungkin menurun. Dengan tingginya permintaan akan motor bekas dan tersedianya jumlah motor yang beredar di pasaran, Anda dapat memulai melakukan bisnis jual beli motor bekas yang menguntungkan. Kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari pesatnya perkembangan bidang ini merupakan sesuatu yang harus Anda manfaatkan.
Untuk memulai usaha ini Anda hanya memerlukan modal kurang dari Rp 5 juta. Anda dapat membeli motor bekas dan menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Jika ada kenalan Anda yang ingin menjual motor maka Anda dapat memeriksa motor tersebut dan membelinya jika Anda merasa motor itu dapat dijual dengan harga lebih tinggi. Jika tidak maka Anda dapat memeriksa secara online motor bekas di OLX.co.id. Anda juga dapat membandingkan harga pasaran motor bekas melalui online sehingga Anda mengetahui motor mana yang dapat dijual dengan marjin tinggi.
Salah satu kelemahan dari bisnis ini, banyak motor yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya, onderdil aslinya sudah diganti dengan yang palsu, dan hasil curian. Serta Anda harus memiliki pengalaman dan mengerti tentang motor.

7. Jasa desain grafis

Modal: Keterampilan
Tidak semua orang memiliki keahlian ini, tetapi jika Anda bekerja di bidang desain grafis atau memiliki keterampilan dalam menciptakan desain grafis maka Anda bisa menghasilkan uang lebih. Sistemnya sama dengan pekerja lepas. Anda bisa mencari klien melalui beberapa website desain di Indonesia seperti Sribu.com dan Projects.co.id. Anda juga dapat menggunakan website inggris untuk pasar internasional dengan tariff lebih tinggi seperti 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).
Dari website-website itu, Anda mungkin dapat pekerjaan untuk desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, interior dan banyak lagi. Setiap kerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi tergantung dengan persetujuan antara Anda dan klien. Modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha sampingan ini adalah keahlian Anda dalam membuat desain grafis, koneksi internet dan komputer.

8. Jadi social media influencer

Modal: Follower
Bila Anda merupakan salah satu pengguna sosial media yang aktif, maka istilah sosial media influencer mungkin merupakan sesuatu yang tidak asing lagi. Kini banyak sosial media influencer yang pekerjaan tetapnya memproduksi konten di channel sosial media mereka. Baik itu video di youtube, foto-foto di Instagram ataupun konten lainnya. Jika Anda ingin memperoleh penghasilan tambahan seperti sosial media influencer, Anda juga dapat melakukannya.
Hal terpenting dari usaha sampingan ini adalah follower. Jika Anda belum memilikinya maka Anda perlu memulai untuk mengembangkan jumlah follower Anda di sosial media. Tentukan konten yang ingin Anda ciptakan, apakah itu video tentang travel atau foto tentang makanan ataupun review tentang game dan banyak pilihan lainnya. Setiap konten ini memiliki jumlah pasar pengikut yang berbeda-beda dan cukup besar di dunia internet. Anda perlu aktif dalam menciptakan konten yang berkualitas dan informatif sehingga jumlah pengikut Anda terus berkembang.
Setelah Anda memiliki jumlah follower yang cukup banyak maka Anda dapat menghampiri perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang berhubungan dengan konten Anda. Kemudian Anda dapat bernegosiasi untuk mengpromosikan produk mereka di sosial media Anda dengan sejumlah biaya.

9. Jasa les privat

Modal: Kurang dari Rp 1 Juta
Keahlian apapun yang Anda miliki dan dapat dibagikan kepada sesama dapat menjadi sumber penghasilan juga. Baik itu keahlian bermain alat musik ataupun berbahasa asing dapat dijadikan materi untuk les privat. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, Anda dapat mengunjungi rumah murid Anda dan mengajar di rumah mereka.
Modal terpenting dari usaha sampingan ini adalah keahlian Anda. Modal lainnya kemungkinan besar hanya peralatan yang mendukung kelas privat itu. Seperti buku, pena, pensil, ataupun instrumen music. Saat Anda ingin mengembangkan usaha ini maka Anda dapat memikirkan untuk merental tempat dan membeli kursi dan meja untuk beberapa murid sekaligus.
Biaya yang Anda tagihkan untuk les privat ini sebaiknya Anda tergantung pada kondisi ekonomi daerah Anda dan kemampuan target pasar Anda. Apabila Anda berada di kota besar seperti Jakarta, Anda dapat menagihkan biaya yang standard dengan pasaran les privat. Sedangkan jika target pelanggan Anda masyarakat di kota kecil maka jangan memasang tarif yang tinggi.

10. Jasa penerjemahan

Modal: Pakar bahasa asing
Apabila Anda tidak ingin mengajar les privat untuk bahasa asing, Anda masih dapat menjadi penerjemah. Yang pasti sebelumnya, Anda harus menguasai bahasa lain dengan lancar. Dengan demikian jika ada kerjaan lepas untuk translasi, Anda dapat menagihkan sejumlah biaya dan menerima penghasilan tambahan. Terjamahan tersebut dapat untuk dokumen seperti skripsi, artikel, makalah ataupun dokumen lainnya.
Tarif untuk bisnis penerjemah sampingan biasanya berkisar antara Rp 50/kata. Jadi untuk 1 halaman yang memiliki 500 kata maka Anda dapat menagih sebesar Rp 25.000. Bayangkan jika Anda dapat menerjemah 10 halaman dalam 1 hari, keuntungan yang diperoleh dapat mencapai Rp 250.000.
Anda dapat memulai mencari kerjaan lepas untuk penerjemah di Freelancer.co.id dan Sribulancer.com. Selain dari menguasai bahasa asing, modal yang dibutuhkan untuk menjadi penerjemah hanyalah internet dan komputer.