Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mencerahkan Hati yang Gundah"Kata Bijak Bahasa Inggris


Kamu sedang berduka atau bersuka cita? Wah, wah, pas banget nih karena ada kata kata bijak bahasa Inggris menginspirasi hidup agar menjadi lebih maknyus. Tak hanya itu saja, quote bahasa Inggris juga disajikan lengkap beserta artinya atau terjemahannya lho.


Atau sedang bingung nulis caption instagram? Nah, kata kata bijak dalam bahasa Inggris bisa digunakan untuk menyemarakkan postingan instagram. Pilih quote sesuai dengan fotomu ya.

Saya sering membaca caption instagram memakai kutipan dalam bahasa Inggris. Bagus banget caption-nya, grammarnya juga yahut. Setelah googling ternyata quote itu ada pemiliknya. Yaelah, kenapa nggak disertakan nama pencetus quote bahasa Inggris.

Jika suka instagraman dan suka pakai kata kata bijak bahasa Inggris sebagai caption instagram, jangan lupa tulis juga nama pemilik quote bahasa Inggris sebagai penghargaan kepada mereka. Jangan asal ngambil quote lalu tak mencantumkan nama si perangkai kata. Itu sama kayak minjem tanpa ijin alias mencuri.

Tanpa bertele-tele lagi, simak puluhan kata kata bijak bahasa Inggris berkekuatan dahsyat membuatmu semakin bijaksana melakoni hidup.

BACA JUGA: Kata Mutiara Bahasa Inggris Lengkap Dan Artinya

1. Badai pasti berlalu. Kata kata bijak bahasa Inggris membenarkan itu. Setelah hujan, tentu ada matahari. Di situ saatnya kamu menikmati indahnya pelangi.

Pernah mendengar lagu: Badai pasti berlalu? Lagu itu dinyanyikan oleh Chrisye, penyanyi Indonesia melegenda. Lagu ini sering saya dengar ketika ada bencana besar melanda Indonesia. Mengingatkan kita bahwa bencana tak kan terus menerus ada. Pasti berlalu.
Yes, the storm will surely pass. Begitu halnya dengan hidup. Momen menyedihkan tak akan terus menerus membelenggu, kemudian akan tergantikan dengan momen bahagia sehingga bikin kita tersenyum bahkan tertawa lepas.

So, kalau sekarang lagi bersedih, jangan lama-lama ya. Yuk baca kata kata bijak bahasa Inggris biar bisa cepat move on

One of the simplest ways to stay happy: just let go of the things that makes you sad.
(Robert Tew)
Artinya: Salah satu cara paling sederhana untuk tetap bahagia adalah dengan melepaskan hal-hal yang membuat Anda sedih.
Tentu semua orang ingin bahagia. Semua orang ingin merasakan kesenangan. Tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara merangkul kebahagiaan dalam hidup. Padahal cara paling mudah bahkan amat sangat sederhana adalah dengan melepaskan segala kesedihan. Lepaskan duka lara membelenggu. Tarik napas dalam-dalam serta tenangkan dirimu. Setelah itu pikiran jernih bakalan menghampiri dan memberi solusi bijak untuk masalahmu. So, keep calm and stay happy!


There are only two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle.
(Albert Einstein)
Artinya: Hanya ada dua cara menjalani hidup Anda. Satu, menganggap seolah-olah tidak ada keajaiban. Yang kedua menganggap semuanya adalah keajaiban.
Yuk belajar tentang cara menjalani kehidupan melalui kata kata bijak bahasa Inggris dari Albert Einstein. Menurutnya, hanya ada 2 cara. Nah, gimana denganmu? Bagaimana caramu menjalani kehidupan? Bisakah kamu mengganggap semua peristiwa menimpamu sebagai keajaiban? Bahkan jatuh terpeleset di hadapan banyak orang atau diputusin pacar, bisakah dianggap sebagai keajaiban? Hm…susah juga ya…


You can be wise and happy or stupid and miserable. The choice is yours.
(Gordon B. Hinckley)
Artinya: Anda bisa menjadi bijak dan bahagia atau bodoh dan sengsara. Pilihan ada pada diri Anda.
Jika ditanya pengen jadi bijak-bahagia atau bodoh-sengsara, ah semua orang tentu sepakat teriak bijak-bahagia dong. 

Emang siapa sih pengen jadi bodoh, sengsara pula. Ibarat jatuh ketimpa tangga trus wajah kena kotoran anjing, idih komplit deh deritanya. Pertanyaannya: 

apakah kita benar-benar bisa jadi bijak plus bahagia? Jawabanya: Bisa banget. Kalau kamu sudah memilih pasti ada caranya. So, pilih dulu deh.


Life isn’t about waiting for the storm to pass. It’s about learning to dance in the rain.
(Vivien Greene)
Artinya: Hidup bukan tentang menunggu badai berlalu. Hidup adalah tentang belajar menari saat hujan.
Penulis serta ahli rumah boneka terkemuka di London meminta kita untuk tidak hanya berpangku tangan saja saat badai, tapi menikmatinya dengan tarian. Menari tatkala hujan. 

Bukan berarti kita harus hujan-hujanan ya. Ini hanya metafora saja. Jadi saat mengalami kesedihan, kita baiknya belajar untuk menikmati serta memetik pelajaran dari pengalaman tak menyenangkan. So, jadi makin dewasa deh.


In three words I can sum up everything I’ve learned about life: it goes on.
(Robert Frost)
Artinya: Dalam 3 kata saya dapat menyimpulkan segala yang telah saya pelajari tentang kehidupan: hidup terus berlanjut.

Duh, penyair satu ini emang top banget deh. Karyanya berupa puisi telah melegenda di Amerika sana. Kalau kamu pernah belajar tentang kesusatraan Inggris, tentu mengenal Robert Frost. 

Hanya dengan 3 kata saja bisa menyimpulkan semua yang sudah ia pelajari tentang kehidupan. Wow, sungguh bijak. Yap, Mr. Frost benar bahwa hidup terus berlanjut. 

Tak peduli betapa bahagianya dirimu sekarang atau seduka apapun hatimu sekarang, hidup terus berlanjut. So, jangan terlalu pusing dengan satu hal karena hidup terus berlanjut. Dan akan terus berlanjut.

2. Khawatir, jangan dipelihara. Cemas dan pikiran negatif lainnya nggak bikin dirimu lebih baik. Baca kata kata bijak bahasa Inggris yang mengerti banget kegundahanmu.

Lagi khawatir terhadap suatu hal? Was-was dengan sesuatu yang akan terjadi nanti atau esok hari? Resah dengan akibat dari perbuatan terdahulu?

Percaya atau nggak, rasa khawatir, resah ataupun gundah gulana tak akan bisa membantumu keluar dari keadaan memburuk. Kamu mesti punya mindset yang benar tentang khawatir. Coba cermati kata kata bijak bahasa Inggris di bawah ini.


99% things you worry about never happen.
(Anonymous)
Artinya: 99% hal yang Anda khawatirkan tidak akan pernah terjadi.
Walaupun quote bahasa Inggris tanpa nama alias tak tahu siapa pertama kali mencetuskannya, tapi ini benar banget, jika kamu mempercayainya. Sembilan puluh sembilan persen hal terngiang-ngiang di kepala membuatmu khawatir itu tak akan pernah terjadi. Hanya tampak nyata di imajinasimu saja, nggak terjadi di realita. Nah, kalau sekarang sedang mengkhawatirkan sesuatu, katakan keras-keras kata bijak tersebut kepada dirimu sendiri.


Why worry? If you’ve done the very best you can, worrying won’t make it any better.
(Walt Disney)
Artinya: Kenapa khawatir? Jika Anda telah melakukan yang terbaik, rasa khawatir tidak akan membuatnya menjadi lebih baik.
Duh, gimana ya hasil tes tadi… Duh, menang nggak ya dalam lomba kemarin? Kamu sedang khawatir dengan hasil kompetisi. 

Tarik napas dalam-dalam. Kalau sudah melakukan yang terbaik, kenapa mesti khawatir. Paling tidak, kamu sudah melalui kompetisi, tes atau suatu kegiatan. Kamu sudah bertindak. 

So, nggak usah khawatir terhadap hasilnya. Rasa khawatir nggak bikin perasaanmu membaik, apalagi bertambah bijak, iya kan? So, stop worrying about it!


You cannot think negative and have a positive life. Meaning you cannot sow tomato seeds and expect pepper fruits.
(Oscar Bimpong)
Artinya: Anda tidak bisa berpikir negatif dan memiliki kehidupan positif. Artinya Anda tidak bisa menabur benih tomat dan mengharapkan buah lada.

Pengen punya hidup bahagia tapi pikiran dipenuhi rasa khawatir, cemas, takut serta sedih? Waduh, gimana bisa bahagia? Bahagia dan sedih adalah dua hal dengan frekuensi yang sangat berbeda. Satunya positif sedangkan satu lagi negatif. 

Kamu nggak akan punya hidup bijak nan bahagia kalau pikiran diselimuti hal-hal negatif. Tapi, jika ada orang ketawa bahagia sampai keluar air mata kayak orang nangis, itu beda cerita karena kelewat bahagia. Have you ever seen people crying when laughing out loud?


I hope for nothing. I fear nothing. I am free.
(Nikos Kazantzakis)
Artinya: Saya tidak berharap apa-apa. Saya tidak takut sama sekali. Saya bebas.
Menurut penulis asal Yunani, kebebasan dicapai ketika kita tak berharap apa-apa serta tak takut pada apapun. 

Sering kali harapan nggak sesuai realita memberi kita kekecewaan. Ketakutan akan sesuatu juga menghambat langkah kita. Trus apa yang mesti dilakukan? Jangan takut melangkah dan lakukan terbaik. Bebaskan dirimu dari rasa khawatir juga takut. Mantab jiwa!

3. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu itu unik. Ini kata kata bijak bahasa Inggris yang mengungkap bagaimana seharusnya melihat diri sendiri.

Aku kurang tinggi, terlalu kurus, banyak jerawat, nggak pede, nggak gaul, sering ceplas-ceplos, tak pengertian, tak populer, kurang pinter, pokoknya banyak kurangnya deh. Aku nggak sempurna seperti dia….

Eits, segitu dulu ya acara menghakimi diri sendiri. Kalau dicari-cari kurangnya pasti buanyak deh. Ujung-ujungnya nggak puas sama diri sendiri dan pikiran jadi kacau, trus nggak pengen ngapa-ngapain. Padahal jika tahu cara menyikapinya, kamu bisa menjadi pribadi yang awesome lho.


The more you like yourself, the less you are like anyone else, which makes you unique.
(Walt Disney)
Terjemahannya: Semakin Anda menyukai diri Anda sendiri, semakin sedikit kemiripan Anda dengan orang lain, yang membuat Anda unik.
Syukuri apapun melekat pada dirimu. Terutama fisik alias tubuhmu. Syukuri karena kamu punya indera lengkap dan berfungsi dengan baik. Semakin bersyukur menjadi diri sendiri, semakin banyak hal baik ditemukan dalam diri sehingga membuatmu semakin unik. Yes, you are unique; that makes you special.


Our life always expresses the result of our dominant thoughts.
(Soren Kierkegaard)
Terjemahannya: Hidup kita senantiasa mengekspresikan hasil pemikiran yang mendominasi.
Kalau pikiran lagi ruwet, saya biasanya mengingat kata kata bijak bahasa Inggris senada. Mencoba menganalisis pikiran. 

Karena dominasi pikiran menentukan jalannya kehidupan. Hal apa mendominasi pikiranmu? Mikirin kerjaan nggak kelar-kelar, kuliah membosankan, tugas sekolah susah banget, gebetan atau pacar nggak pengertian? Atau malah lebih sering bersyukur dan mikirin hal-hal luar biasa menyenangkan? Hayooo apa yang sering bercokol dalam pikiranmu? Hidupmu seperti sekarang karena dominasi di pikiran. So, choose your thoughts to make an awesome life!

Life is 10% what happens to us and 90% how we react to it.
(Dennis P. Kimbro)
Terjemahannya: Hidup adalah 10% apa yang terjadi pada kita dan 90% bagaimana kita bereaksi terhadapnya.
Reaksi kita. Yap, gimana reaksi kita terhadap peristiwa mencerminkan hidup kita. Jika ada teman bicara jelek tentang kamu, apa reaksimu? Jika di jalan ada orang nyenggol sepeda motormu apa reaksimu? Jika nilai tesmu nggak bagus, apa reaksimu? Sebenarnya nggak peduli apa yang terjadi, tapi terpenting adalah bagaimana reaksimu terhadap kejadiaan tersebut. Sejelek apapun hal menimpa dirimu, jika kamu bereaksi positif maka kejadian itu takkan mengganggu pikiranmu.


You’ve gotta dance like there’s nobody watching, Love like you’ll never be hurt, Sing like there’s nobody listening, And live like it’s heaven on earth.
(William W. Purkey)
Terjemahannya: Anda harus menari seolah tidak ada yang menonton, menyayangi seolah Anda tidak akan pernah terluka, bernyanyi seolah tidak ada yang mendengar, dan hiduplah seolah ada surga di bumi.
Inti dari kata bijak dalam bahasa Inggris itu adalah lakukan dengan tulus. Ikhlas. Jangan terlalu fokus pada hasil tapi nikmati prosesnya. Jangan berharap mendapat pujian atau penghargaan setelah melakukan kebaikan. Hiduplah sebahagia-bahagianya. Inilah makna dari kata bijak di atas. Setuju?

There is only one thing required to change your life, that is willingness.
(Anonymous)
Terjemahannya: Hanya ada satu hal dibutuhkan untuk mengubah hidup Anda, yaitu kemauan.
Perubahan dimulai dari diri sendiri adalah pesan penting dari kata kata bijak bahasa Inggris. Pernah punya teman dulunya culun juga jelek, setelah beberapa tahun nggak ketemu, eh tiba-tiba dia berubah 180 derajat menjadi supel serta mengagumkan? Banyak orang nggak suka perubahan lalu ngegosipin dia. Ha ha! Jangan iri kepadanya karena hidup emang harus berubah, broh. Perubahan itu terjadi karena ada bahan bakar utama yaitu kemauan. Asal ada kemauan, kau pun bisa merubah hidup sesuai keinginanmu.


Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.
(George Bernard Shaw)
Terjemahannya: Hidup bukan tentang menemukan diri Anda. Hidup adalah tentang menciptakan diri Anda.
Ke sana kemari berusaha mencari jati diri. Lelah, ya sudah pasti. Padahal kamu nggak harus mencari keluar diri. Semua sudah ada di dalam diri sendiri. Yang perlu dilakukan adalah: menciptakannya. Create your own life!


Life isn’t about finding yourself; it’s about creating yourself. So live the life you imagined.
(Henry David Thoreau)
Terjemahannya: Hidup bukan tentang menemukan diri Anda; hidup adalah tentang menciptakan diri Anda. Jadi jalani kehidupan yang Anda impikan.

Dua orang hebat dengan kata kata bijak bahasa Inggris senada, George Bernard Shaw dan Henry David Thoreau. Wah, itu berarti kutipan ini bisa mengantarkanmu menjadi orang hebat selanjutnya. Kuncinya, ciptakan hidup sesuai impianmu.

Posting Komentar untuk "Mencerahkan Hati yang Gundah"Kata Bijak Bahasa Inggris"