Kamis, 12 Desember 2019

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

1 . Bangka

Liburan ke Bangka, artinya jalan-jalan ke pantai. Setidaknya, ada 7 pantai yang cantik dan berlokasi tak jauh dari pusat kotanya di Pangkalpinang yang paling jauh hanya hitungan jam. Catat nih, nama-nama pantainya adalah Pantai Pasir Padi, Pantai Rambak, Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Teluk Limau, Pantai Romodong dan Pantai Penyusuk. Pasir pantai di sana putih dan halus!

Di Pangkalpinang terdapat Bangka Trade Center (BTC) sebagai tempat belanja oleh-oleh. Bagi yang suka foto-foto, datangi saja Kuil Kwan Tie Miaw yang usianya sudah ratusan tahun.

Terakhir, mari berkunjung ke Museum Timah. Inilah satu-satunya museum timah di Indonesia yang menyimpan beragam koleksi besar benda-benda terkait tambang timah. Nggak cukup sehari liburan ke Bangka.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

2 . Belitung

Sama dengan Bangka, Belitung pun memiliki pesona alam berupa pantai yang elok rupa. Pantai yang memiliki pasir putih nan halus, serta bebatuan granit yang ukurannya besar-besar!

Ada 5 pantai di sana yang wajib banget untuk kamu datangi. Pantai-pantainya yakni Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang , Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Burung Mandi. Main-main ke pantai-pantainya bikin lupa daratan.

Museum Kata Andrea Hirata juga asyik untuk dikunjungi. Di sinilah, penulis Andrea Hirata mengajak wisatawan memasuki dunia 'Laskar Pelangi'. Terakhir, kalau ke Belitung belum sah kalau belum mencoba Mi Belitung Atep. Enak banget!

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

3 . Bandar Lampung

Bandar Lampung berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Lampung ini pun bisa dibilang sebagai gerbang utama menuju Pulau Sumatera. Untuk urusan pariwisata, tak kalah dari kota lainnya di Indonesia.

Dari wisata alam, kuliner, belanja, semua ada. Untuk wisata alam bersama keluarga, ada Taman Wisata Bumi Kedaton, Lembah Hijau, serta Taman Kupu-kupu Gita Persada. Bagi yang suka ke pantai, Banyak juga pilihannya seperti Pantai Puri Gading, Tirtayasa dan Duta Wisata.

Letak Bandar Lampung yang strategis juga mempermudah wisatawan untuk mengakses aneka tempat wisata di sekitarnya. Kalau mau ke Taman Nasional Way Kambas misalnya, traveler tinggal naik bus dari Terminal Rajabasa di Bandar Lampung.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

4 . Serang

Bagi traveler yang sering bepergian ke Pelabuhan Merak, biasanya akan melewati Kota Serang. Ibukota Banten ini pun menjadi salah satu pilihan kota liburan yang dekat dengan Jakarta.

Cukup banyak objek wisata bersejarah yang bisa dikunjungi di Serang. Ada Keraton Surosowan, Keraton Kaibo, Museum Banten Lama. Buat yang hobi menonton debus, aksi menantang itu juga bisa disaksikan di Serang.

Untuk objek wisata religi, ada Masjid Agung Banteng yang lokasinya di Desa Banten Lama, Kasemen. Masjid ini merupakan situs peninggalan putera Sunan Gunung Jati yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin. Di sini juga terdapat makam keluarga Kesultanan Banten.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

5 . Jakarta

Jakarta memang dikenal macet dan sumpek. Tapi di balik semua itu ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Waktu seharian pun rasanya masih kurang untuk mengeksplor tempat wisata di Jakarta.

Mulai dari landmark kota seperti Monas dan Bundaran HI, sampai Kebun Binatang Ragunan yang mudah dijangkau naik bus TransJakarta, semuanya asyik dikunjungi ketika liburan di ibukota. Menikmati budaya Betawi juga bisa karena ada kampung Betawi Setu Babakan.

Bagi traveler yang hobi belanja, Jakarta juga menjadi tujuan liburan yang tepat. Aneka pusat perbelanjaan dari yang tradisional hingga mewah tersedia di sini. Di waktu-waktu tertentu pun akan ada banyak diskon menggiurkan di berbagai mal.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

6 . Kepulauan Seribu

Bosan dengan kehidupan perkotaan? Saatnya mendekatkan diri ke alam. Kabupaten Kepulauan Seribu dengan lebih dari 100 pulau di wilayahnya, menawarkan pengalaman wisata bahari yang tidak terlupakan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, contohnya island hopping, kemping, snorkeling, menyelam, memancing atau sekadar berenang santai di tepi pantai. Untuk menyelam, ada sekitar 26 titik selam yang bisa dicoba.

Pemandangan ketika matahari tertib dan terbenam juga menjadi daya tarik wisata di Kepulauan Seribu. Traveler yang berlibur ke Pulau Harapan misalnya, banyak sudah bangun sebelum fajar agar tidak melewatkan indahnya momen sunrise.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

7 . Bogor

Bogor mempunyai banyak pilihan tempat liburan bersama teman atau keluarga. Berbagai tempat wisata alam sampai taman rekreasi dengan aneka wahana menantang tersedia di Bogor.

Kebun Raya Bogor, Hutan Cifor dan Curug Putri barulah segelintir tempat wisata alam di Bogor. Kalau ada banyak waktu yang tersedia untuk liburan, masih banyak tempat wisata alam lainnya yang bisa dieksplor.

Untuk urusan wisata kuliner, Bogor ini bagaikan surga. Banyak makanan lezat seperti laksa, toge goreng, bakso setan, pie apel, asinan dan lain sebagainya bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Kafe dengan menu dan konsep yang unik juga terus bertambah di Kota Hujan.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

8 . Bandung

Bandung di Jawa Barat dikenal sebagai kota kreatif dengan udara sejuk. Rasanya tidak ada kata bosan untuk liburan ke Bandung. Traveler yang doyan wisata alam, seni, belanja dan kuliner bisa liburan maksimal di Bandung.

Untuk wisata alamnya, ada Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih atau Kebun Begonia. Kalau mau nongkrong dan belanja, traveler bisa datang ke kawasan Dago. Factory outlet dengan banyak berkualitas berjejer di sana.

Mau punya foto keren buat diunggah di media sosial? Bandung punya banyak taman yang cocok untuk nongkrong sekaligus foto-foto. Ada Alun-alun di depan Masjid Raya Bandung, Taman film, Taman Musik Centrum hingga Taman Jomblo.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

9 . Cirebon

Di pesisir Pantura wilayah Jawa Barat, ada Cirebon dengan destinasi wisata yang beragam. Cirebon pun mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya dengan mobil pribadi, bus maupun kereta. Apalagi sekarang sudah ada Tol Cipali yang mempermudah akses wisatawan ke Cirebon.

Kota Udang ini menawarkan berbagai jenis tempat wisata. Mau wisata religi, sejarah, belanja batik, kuliner dan budaya, semua tersedia di Cirebon. Untuk wisata religi misalnya, traveler bisa mampir ke Masjid Agung Cipta Rasa yang dibangun oleh Wali Songo di abad ke-15.

Kalau mau wisata kuliner, jangan lewatkan nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko dan tahu gejrot yang terkenal nikmat. Ada juga sirup Tjampolay yang manis segar untuk jadi oleh-oleh usai liburan seru di Cirebon.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

10 . Semarang

Semarang merupakan salah satu destinasi liburan populer di Jawa Tengah. Kota yang juga dijuluki sebagai 'Little Netherland' ini menawarkan aneka destinasi yang membuat liburan semakin seru.

Bangunan kuno yang masih berdiri di berbagai sudut kota menjadi daya tarik bagi wisatawan. Berbagai tempat bernuansa kuno seperti Lawang Sewu dan Kota Lama pun seringkali ramai oleh pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri. Bangunan keren seperti Masjid Agung Semarang juga menawarkan pengalaman wisata religi yang tak terlupakan.

Kuliner di Semarang pun siap menggoyang lidah wisatawan. Tahu gimbal, tahu pong, tahu petis, bandeng presto dan lain sebagainya, bisa didapat di berbagai pusat kuliner dengan harga yang ramah di kantong.

10 Ide Kota Liburan Di Indonesia

1 komentar: