Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kata-Kata Inspiratif Islami yang Menyejukkan dan Menenangkan Hati

Salah satu cara untuk menenangkan hati risau adalah dengan membaca kata-kata inspiratif islami yang menyejukkan hatimu. Dijamin perasaan galaumu akan berangsur hilang ketika membaca dan memahaminya. Nah, kamu bisa menemukan kata-kata islami penyejuk hati tersebut dalam artikel ini.
Dalam menjalani kehidupan, kamu akan dihadapkan dengan masalah dan cobaan yang silih berganti. Permasalahan itu kadang akan membuatmu bersedih, frustrasi, atau kecewa, tapi ingatlah bahwa masih ada Allah yang akan membantu langkahmu. Jadi, teruslah berdoa memohon perlindungan dan bantuan-Nya.
Kata-kata bijak tesebut apakah sudah cukup memotivasimu? Jika belum, masih ada banyak kutipan kata di artikel ini yang bisa kamu jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan yang fana ini.
Mulai dari kutipan dari seorang penulis, ustaz, hingga Alquran, yang bisa kamu baca dan pelajari. Selain itu, ada pula kata bijak islami untuk wanita yang sedang jatuh cinta. Oleh karena itu, sejukkan hatimu dengan kutipan-kutiapan yang ada di bawah ini, yuk!

Kata-Kata Inspiratif Islami Singkat Penuh Makna


1. Allah Maha Penolong

Tali yang paling kuat untuk tempat bergantung adalah tali pertolongan Allah.Buya Hamka

2. Perbanyak Kebaikan

Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.Nabi Muhammad SAW
Kata-kata inspiratif islami dari Nabi Muhammad SAW ini cocok untuk kamu jadikan sebuah pedoman dalam menjalani hidup. Terkadang manusia terlalu sibuk mencari kesempurnaan duniawi. Mereka membuat penampilan serupawan mungkin dan mencari harta sebanyak-banyaknya.
Sampai akhirnya, dirinya lupa bahwa Allah tidak akan melihat wajah dan harta bendamu. Amal kebaikan dan ibadahlah yang nantinya dilihat oleh Tuhan. Oleh karena itu, perbanyaklah kebaikan, bukan harta dan kecantikan.

3. Pengadilan Allah

Apa yang kita lakukan di dunia ini, kelak semuanya akan dipertanggungjawabkan melalui pengadilan Allah. Mohammad Hatta
Masih berhubungan dengan kata bijak motivasi Islam sebelumnya, bahwa apa yang kamu lakukan kelak akan ditimbang melalui pengadilan Allah. Dalam pengadilan-Nya, semua keburukan dan kebaikanmu akan dinilai.
Setiap perbuatanmu di dunia nanti harus dipertanggungjawabkan. Jadi, ingatlah untuk selalu melakukan hal-hal baik supaya nanti timbangan kebaikanmu lebih berat dari keburukan yang kamu lakukan.

4. Selalu Ingat Allah

Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita akan bernilai ibadah.Bob Sadino
Pernahkah kamu merasa sangat lelah dan lesu saat beraktivitas? Atau mungkin merasa gundah dan galau saat bekerja? Jika kamu merasakan hal-hal meresahkan saat beraktivitas, bisa jadi karena kamu tidak mengingat Allah dalam setiap kegiatanmu.
Percayalah, apabila kamu senantiasa mengingat Tuhanmu, hatimu akan merasa lebih tenang dalam menjalani rutinitas. Selain itu, segala aktivitas akan bernilai sebagai ibadah.  Sangat luar biasa, kan?

5. Masalah itu Pasti Ada

Seseorang yang dekat dengan Allah, bukan berarti tidak ada air mata.Dahlan Iskan
Kebanyakan orang bertanya, “Buat apa berdoa, jika Tuhan masih memberikan masalah?” Dalam suatu kehidupan yang manusia jalani, tidak mungkin selalu diselimuti dengan kebahagiaan saja. Setiap orang pasti mengalami permasalahan dalam menjalani hidup.
Meskipun orang yang selalu bersembahyang sekalipun akan tetap mendapatkan cobaan dalam hidupnya. Bukan berarti Tuhan tidak menyayangimu, justru masalah itu diberikan untuk menambah kekuatan padamu. Ia sedang mengujimu, akankah kamu tetap berdoa ketika ditimpa masalah?

Kata-Kata Inspiratif Islami Semangat Hidup


1. Bekerja adalah Ibadah

Jika mencari nafkah merupakan ibadah, semakin kerja keras kita, insyaallah semakin besar pahala yang akan diberikan oleh Allah.Syeikh Imam Nawawi Al-Bantani
Kata-kata bijak islami penuh motivasi sukses di atas kerap menimbulkan pertanyaan, “Jika bekerja, tapi melupakan shalat, apakah masih dianggap beribadah?” Bekerja adalah ibadah ketika kamu tidak menjadikannya alasan untuk menunda kewajibanmu yang lainnya.
Bekerja merupakan ibadah ketika niat mencari rezeki untuk menghidupi dirinya sendiri, keluarga, dan menyisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan. Saat bekerja dilandasi oleh niat tersebut dan hasilnya kamu anggap sebagai amanah, maka kewajiban lain seperti shalat tidak mungkin kamu tinggalkan.

2. Carilah Rida Allah

Ingatlah nasehat lama, mencari rida semua orang itu impossible, tapi mencari rida Allah, semua orang bisa melakukannya.Tere Liye
Mencari rida semua orang sama halnya dengan menginginkan pengakuan dari mereka atas apa yang telah kamu perbuat. Padahal kamu tidak akan pernah bisa memenuhi kepuasaan banyak orang. Hal tersebut dikarenakan manusia tidak memiliki rasa puas.
Namun, mencari rida Allah, bisa dilakukan oleh semua orang dengan cara menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Apabila seseorang melakukan pekerjaan dilandasi oleh niat untuk mencari rida-Nya, ia akan mengerjakannya dengan senang hati dan sebaik mungkin. Hasil dari usahanya itu pun akan lebih optimal.

3. Percayalah Kepada Janji Tuhan

Pada waktu kita khawatir, kita terkadang lebih percaya pada masalah kita dari pada janji Allah.Cut Nyak Dhien
Pada saat memiliki masalah, hal apa yang biasanya kamu perbuat? Kebanyakan orang akan mengeluh ketika dihadapkan dengan sebuah cobaan. Ia merasa resah jika masalah tersebut tak kunjung terselesaikan.
Padahal, mengeluh tidak menyelesaikan segala perkara yang sedang menimpamu. Percayalah kepada janji Tuhan bahwa setiap masalah itu ada jalan keluarnya. Selalu berdoa kepada-Nya dan tetap ikhlas menghadapi masalahmu, niscaya Tuhan akan membukakan jalan untuk permasalahanmu.

4. Berbanyaklah Istighfar

Boleh jadi dosa yang kita anggap remeh adalah dosa besar di sisi Allah. Maka kita perlu selalu berhati-hati dan banyak beristighfar kepada-Nya.Achmad Mustafa Bisri
Manusia kadang mengabaikan kesalahan-kesalahan kecil yang diperbuat. Padahal, tidak semua yang kamu anggap kesalahan kecil itu juga kecil dihadapan Tuhan. Bisa jadi, kesalahan itu adalah dosa besar menurut-Nya.
Umat manusia tidak akan pernah tahu paramater dosa dari Allah SWT. Maka dari itu, selalu berhati-hatilah dalam bertindak dan perbanyak mengucapkan istighfar.

5. Bersabarlah

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu; sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Al-Baqarah: 153
Kata mutiara semangat hidup yang diambil dari Alquran ini patut kamu praktikan dalam menjalani kehidupan. Pada saat kamu mengalami kesulitan, masalah, atau cobaan, jangan merasa sendirian, karena masih ada Allah di sisimu.
Tetap sabar dalam menghadapi kemalangan dan tenangkan hatimu melalui lantunan doa dalam shalat. Tuhan akan selalu bersama orang-orang yang sabar dan selalu menyebut namanya dalam kondisi apapun.

Kata-Kata Cinta Islami yang Menyentuh Hati


1. Untuk Kamu yang Sedang Dilanda Rindu

Assalamualaikum rindu, semoga Allah senantiasa meletakkan tangan pelindung-Nya untuk menjagamu, dari kejahatan kesedihan yang senantiasa menyinggahimu.Firman Nofeki
Pada saat kamu kangen seseorang tapi tidak bisa melepaskan kerinduanmu, rasanya memang sangat menyesakkan dada. Apalagi jika orang yang kamu rindukan berada di tempat yang sangat jauh, rasa kangen itu akan terasa sangat menusuk hatimu.
Namun, tetap tenang dalam menghadapi rindu yang membara. Jika memang sulit untuk melepaskan kerinduan, doakan saja ia supaya tetap dalam perlindungan Tuhan. Bila memang tidak bisa bertemu dalam satu waktu yang sama, biarkan Tuhan mempertemukan kalian dalam doa.

2. Pesan Buat Kamu yang Akan Menikah

Bahwa pernikahan itu sesuatu yang sakral. Mengikuti sunnah Rasul dan disukai Allah. Tapi Allah tidak suka pemborosan, bermewah-mewahan. Jadi sebaiknya resepsi pernikahannya sederhana saja. Tidak perlu gedung mewah.Achi T.M
Kata-kata inspiratif cinta dari penulis novel ini akan sangat mengena bagi siapapun yang sedang merencanakan pernikahan. Banyak orang yang mungkin menyadari jika menikah itu adalah ibadah, tapi sering mengabaikan hal tersebut. Sehingga, mereka menjadikan pernikahan sebagai ajang untuk pemborosan dan pamer kemewahan.
Padahal Tuhan tidak menyukai kemewahan. Alangkah lebih baik jika resepsi pernikahanmu dilakukan dengan sederhana, tapi sakral. Sederhana bukan berarti tidak spesial, kan?

3. Cinta Kepada Allah

Cinta yang paling membahagiakan dan menyembuhkan adalah cinta kepada Allah.Habiburrahman El Shirazy
Sudah berapa kali kamu merasakan patah hati karena cintamu dikhianati oleh seseorang? Sudah berapa banyak air mata kamu teteskan untuk menangisi seseorang yang menyakiti perasaanmu?
Ketika mencintai seseorang, ada kalanya kamu akan merasa bahagia, sedih, atau kecewa. Apabila kamu hanya menginginkan cinta yang hanya diselimuti rasa ketenangan dan kebahagian, maka cintailah Allah.

4. Jadilah Pasangan yang Tepat

Orang-orang seringkali fokus untuk menemukan pasangan yang tepat. Sedikit dari mereka yang menyadari bahwa separuh pernikahan adalah menjadi pasangan yang tepat.Yasir Qadhi
Di dunia ini, banyak perempuan dan laki-laki yang berusaha sekuat tenaga mencari pasangan yang tepat serta sempurna. Padahal kesempurnaan itu hanyalah milik Tuhan saja.
Oleh karena itu, tanamkan dalam diri kata mutiara Islam tentang cinta di atas. Sehingga kamu akan terus berusaha menjadi pasangan yang tepat dalam pernikahanmu. Hal itu lebih baik daripada terus mencari pendamping yang sempurna.

5. Dia Tidak Memberikanmu Kehidupan

Engkau tak kan mati tanpanya, karena bukan karenanya engkau hidup. Pahami seutuhnya hidup-matimu hanya Allah.Felix Siauw
Ketika seseorang mengatakan bahwa ia tidak bisa hidup tanpamu, jangan percaya akan ucapan gombal tersebut. Hidup dan matinya itu bukan kamu yang menentukan, tapi Tuhan.
Jadi saat ia mengatakannya kepadamu, jangan merasa senang dulu. Bisa jadi, ia hanya membual dan merayu demi mendapatkan hatimu.

Kata-Kata Inspiratif Islami Penyejuk Hati


1. Niat Karena Allah

Selalu niatkan apa pun yang kita kerjakan hanya karena Allah SWT. Inshaallah pahala, rezeki, dan amal baik menjadi milik kita.Deassy M. Destiani
Pada saat kamu mengawali pekerjaan, ada baiknya selalu mengucap basmalah. Ucapan bismillah memiliki makna “dengan nama Allah”. Dengan mengucapnya, itu berarti kamu telah meniatkan hatimu untuk bekerja karena Tuhanmu.
Setiap pekerjaan yang diniati karena Tuhan, maka Ia akan memberikan amanah kepadamu. Amanah tersebut berupa rezeki yang nantinya bisa kamu gunakan sebaik mungkin.

2. Bersandarlah Pada Ajaran Agama

Untuk memiliki hidup yang sempurna, bersandarlah kepada ajaran agama Allah.Ahmad Dahlan
Kebanyakan orang hanya mencari kesempurnaan duniawi. Mereka sibuk mengejar harta dan tahta. Padahal, dalam dunia ini tidak ada yang sempurna, sehingga orang-orang tersebut tidak akan pernah merasa puas dengan pencapaiannya.
Jika kamu ingin memiliki hidup yang sempurna, jangan hanya mengejar kepuasaan duniawi saja. Selalu sandarkan kehidupanmu kepada ajaran agama Islam. Maka rasa kesempurnaan akan menyelimuti setiap langkah yang kamu ambil.

3. Teruntuk Masalah yang Kamu Hadapi

Jangan pernah katakan, ‘Wahai Allah, aku punya masalah besar’ tapi katakan, ‘Hai masalah, aku punya Allah Yang maha Besar.Pepeng Soebardi Ferrasta
Kata-kata inspiratif islami ini sangat tepat dan patut dijadikan motivasi. Masalah dan cobaan memang sering terjadi dalam kehidupan manusia. Terkadang orang-orang mengadu kepada Tuhan perihal masalah besar yang dihadapi tersebut.
Banyak yang merasa putus asa, lelah, atau sedih atas permasalahan yang ada, sehingga mereka mengadu kepada Tuhan untuk mendapatkan jalan keluar. Memang, sudah sepantasnya umat muslim meminta pertolongan kepada-Nya. Namun selain mengadu, kamu juga harus menghadapi masalahmu dengan berani dan percayalah kamu memiliki Tuhan yang Maha Besar, melebihi permasalahanmu.

4. Bertaubatlah

Memang tiada kata dua kali untuk kesempatan yang sama, namun Allah membuka beribu-ribu pintu untuk kesempatan baru.Firman Nofeki
Memiliki mimpi dan keinginan yang tidak bisa kamu raih meskipun sudah berusaha dengan maksimal memang menyedihkan. Kata-kata bijak singkat penuh makna ini akan memberikan pencerahan untuk orang-orang yang sedang merasakan putus asa.
Kegagalan bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan lain. Ketika kamu gagal, sebenarnya Tuhan telah menyiapkan kesempatan lain yang lebih baik. Jadi, jangan merasa putus asa ketika keinginanmu tidak tercapai, masih ada kesempatan yang leibh baik menunggumu.

5. Jadikan Tuhan Sebagai Prioritas Hidup

Ketika Tuhan menjadi pusat dari prioritas hidupmu. Maka, Engkau juga akan jadi pusat dari penjagaan Tuhan.Hamzah Yusuf
Dalam menjalani kehidupan, pasti ada yang menjadi prioritas utamamu. Entah kamu lebih mengutamakan keluarga, pasangan, atau pekerjaan. Lalu, Tuhan kamu jadikan prioritas yang nomor berapa?
Bukankah sebaiknya sebagai umat manusia wajib mengutamakan Tuhan? Apabila kamu meletakan-Nya menjadi yang utama dalam hidupmu, maka Tuhan akan senantiasa menjagamu dari mala petaka.

Kata-Kata Inspiratif Islami yang Bijak dan Penuh Makna

1. Jangan Hanya Mengaku Beragama

Ateis lebih tepatnya adalah orang-orang yang mengaku beragama dan bertuhan, tapi tindakannya korup. mereka tidak benar-benar bertuhan, mereka mengaku menuhankan Allah atau dengan apapun memberi nama, tetapi sejatinya mereka Tuhankan duit. Duit itu berbentuk. Padahal, konon, tuhan tidak berbentuk.Sujiwo Tejo
Selama ini, apakah kamu benar-benar orang yang beragama atau hanya mengaku-ngaku memiliki agama? Kata-kata inspiratif islami dari seniman yang berasal dari Jawa Timur ini akan menyadarkanmu makna sesungguhnya dari agama.
Sejatinya, orang yang beragama itu tidak akan menggilai uang. Manusia yang paham norma agama yakin akan rezeki yang diberikan Tuhan. Sehingga, ia tidak akan menjadikan harta sebagai segalanya.

2. Kesempatan Lain

Ketika satu pintu tertutup, besar kemungkinan Allah sedang membuka gerbang-gerbang yang lain.Asma Nadia
Pernahkah kamu merasa kecewa akan suatu hal yang tidak berjalan sesuai dengan harapanmu? Kecewa itu hal yang wajar, mengingat kamu telah berusaha untuk mewujudkan harapan itu. Akan tetapi, jangan menjadikannya alasan untuk meratapi nasibmu.
Pahamilah kata-kata inspiratif islami dari penulis novel yang berasal dari Jakarta ini. Ketika kamu tidak bisa mencapai harapanmu, itu berarti Allah sudah menyiapkan kesempatan lain yang lebih baik. Jadi, tetaplah bersemangat dan bersabar.

3. Jagalah Ucapanmu

Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu.Ali bin Abi Thalib
Salah satu hal yang sangat perlu kamu jaga adalah lisanmu. Bisa saja kamu menyakiti perasaan orang lain karena tidak menjaga perkataanmu. Terkadang, ada orang yang dengan sengaja menyebutkan kalimat tidak baik untuk menyakiti perasaan temannya.
Namun, ada pula yang tidak sengaja mengucapkan hal-hal menyakitkan itu melalui sebuah kalimat candaan. Ketika kamu akan bercanda dengan siapapun, pertimbangkan dulu ucapanmu. Pastikan kata-katamu itu tidak akan menyakiti hati setiap orang yang mendengarkannya.

4. Maha Tahu

Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tak memberi apa yang kita inginkan karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa dibalik keinginan.Aa Gym
Apabila kamu sedang merasa frustrasi, ingatlah selalu kata-kata inspiratif islami dari ustaz asal Bandung ini. Ketika Tuhan tidak mengabulkan harapanmu, bukan berarti Ia tidak menyayangimu.
Allah itu Maha Tahu atas semua yang kamu hadapi. Saat tidak mengabulkan keinginanmu, bisa jadi Ia akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

5. Tidak Ada Satu Pun yang Merusuhkan Hati

Bagi mereka yang beriman, yang percaya pada Allah, tak ada sesuatupun di dunia ini dapat merusuhkan hati.Pramoedya Ananta Toer
Saat hatimu sedang galau, resah, atau gundah, hal apa yang biasanya kamu lakukan agar tenang? Banyak orang yang melampiaskannya dengan cara yang tidak benar dengan harapan bisa menghilangkan kegalauannya.
Padahal, untuk menenangkan diri itu tidak sulit. Seperti kata-kata inspiratif islami dari Pramoedya ini, percayakan dan mintalah bantuan kepada Allah. Maka tidak ada sesuatupun yang dapat merusuhkan hatimu.

Jadikan Kata-Kata Inspiratif Islami Sebagai Motivasi Kehidupan

Sudah membaca kutipan islami di atas? Semoga 25 kata-kata inspiratif islami ini bisa kamu jadikan sebagai motivasi dalam menjalani hidup.
Jangan hanya membacanya dan terus melupakannya begitu saja, ya! Praktikan kata-kata motivasi islami ini dalam kehidupan nyatamu.
Dalam kehidupan pasti ada waktunya kamu merasa bersedih, menghadapi kegagalan, atau mengalami ketidakpastian. Namun, percayalah akan kehendak Tuhan yang telah menyiapkan segala alur dari hidupmu. Tetap semangat, ya!
sumber:  kepogaul.com

Posting Komentar untuk "Kata-Kata Inspiratif Islami yang Menyejukkan dan Menenangkan Hati"