Minggu, 17 Mei 2020

Tips Belajar Di Rumah Agar Tidak Membosankan Selama Corona



Selama Pandemi Corona ini ada beberapa perubahan yang perlu diselesikan. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Anak anak sekolah baik TK, SD, SMP, SMA/SMK sampai dengan mahasiswa diharuskan menjalankan pembelajaran di rumah secara online. Belajar dirumah bisa jadi sangat membosankan, oleh karena itu Anda perlu tips dan trik supaya belajar dirumah jadi menyenangkan.



Pengaturan belajar dirumah saja penting untuk menekan penularan COVID 19 lebih tinggi lagi. Daripada mengeluh karena melakukan setiap pekerjaan dari rumah termasuk pekerjaan bersekolah, lebih baik kita mencari tahu metode belajar yang seru. Apalagi karena proses belajar dilakukan secara online, Anda bisa menemukan berbagai ide kreatif disini selama mengisi kegiatan belajar terbaik supaya tidak cepat bosan.


Sekarang, ada banyak teknologi yang mendukung pembelajaran sekolah yang menyenangkan. Misalnya dalam bentuk aplikasi belajar terbaik dan terlengkap, kuis tanya jawab online, audio dan video belajar, game pembelajaran dan masih banyak lagi. Jika cara belajar Anda dirumah hanya begitu begitu saja dan membosankan, yuk simak cara belajar yang seru dan tidak membosankan dalam bentuk pembelajaran itu sendiri maupun aktivitas tambahan di bawah ini.

Tips Belajar Di Rumah Agar Tidak Membosankan Selama Corona


1. Menetapkan rutinitas

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menetapkan rutinitas yang baik dalam keseharian jadwal belajar. Meskipun mungkin dalam keadaan libur, anak anak harus tetap menjalankan rutin hariannya. Jangan terus bangun siang atau malah terlalu banyak bersantai. Menetapkan rutinitas ini termasuk dalam menentukan kapan waktunya mandi, makan, belajar, bermain dan beristirahat.

Hal ini penting bukan hanya mengajarkan kepada anak hidup disiplin tapi juga membuat anak tidak cepat bosan dengan rutinitas sehari hari yang itu itu saja. Pastikan juga bahwa Anda membuat rutinitas setiap hari yang bervariasi sehingga akan memiliki kecenderungan yang kreatif. Rutinitas bisa dibuat dalam satu minggu penuh termasuk waktu rekreasi dan istirahat.

2. Mencari ide aktivitas yang dapat dilakukan

Menyambung dari poin nomor satu yakni menetapkanrutinitas, bagus sekali untuk menambahkan berbagai ide aktivitas yang kreatif untuk dilakukan. Jika Anda masih bingung, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan kreatif tersebut. Referensi belajar kreatif tersebut bisa dimulai dari melibatkan anak dalam pekerjaan rumah, membuat suatu karya, melakukan olahraga, bermain dan rekreasi bersama anggota keluarga dan masih banyak lagi yang lainnya. Ide aktivitas juga bisa disesuaikan dengab kesukaan sang anak.

3. Memanfaatkan aplikasi belajar

Di jaman yang canggih sekarang, ada berbagai aplikasi belajar terbaik yang bisa membantu anak anak mendapatkan komplit pembelajaran yang berbeda. Aplikasi belajar modern sudah dirancang sedemikian kreatifnya dengan menyediakan berbagai alat bantu belajar bervariasi. Anak bisa menonton video pembelajaran atau mendengarkan audio dan lain sebagainya.

Materi pembelajaran yang lengkap dari bahasa inggris, matematika, bahasa indonesia, ilmu pengetahuan akan membantu anak memperoleh materi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kurikulum pembelajarannya di sekolah.

4. Melakukan praktek pembelajaran

Dalam proses pembelajaran tentunya bukan hanya mendapatkan teori saja bukan? Tentu setiap topik memerlukan yang namanya praktek atau melakukannya secrara langsung. Dengan demikian akan mendorong anak untuk lebih memahami pembelajarannya. Sebagai contoh anak bisa melakukan percobaan sains seperti mengamati lingkungan sekitar atau mengambil sampel dan menuliskan hal hak yang dia dapat dari alam.Secara seimbang menerapkan pembalajaran teori dan praktekakan membuat pembelajaran tidak cepat membosankan.

5. Berolahraga

Apa hubungannya olahraga dengan belajar? Olahraga memang berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika tubuh Anda tidak bugar, maka akibatnya bisa membuat proses belajar menjadi lemas dan tidak berkonsentrasi dengan baik selanjutnya Anda jadi tidak menikmati proses pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu, dalam hal ini pentingnya memasukkan waktu olahraga dalam rutinitas pembelajaran Anda.

6. Menonton film pembelajaran

Kebanyakan orang menyukai yang namanya menonton film. Nah, di akhir pekan atau waktu tertentu yang Anda tetapkan bisa nihuntuj menonton film pembelajaran. Film pembelajaran yang dimaksud adalah film yang mengandung hal hal yang sedang Anda pelajari. Sebagai contoh, apabila Anda sedang belajar bahasa inggris maka cobalah untuk menonton film barat yang sesuai tanpa subtitel atau terjemahan. Hal ini tentu akan semakin menggugah minat Anda untuk belajar.

7. Menciptakan ruang pembelajaran yang kondusif

Menciptakan ruang belajar yang kondusif adalah salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menjadikan kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Jika suasana dalam ruang belajar mendukung, Anda tentu akan lebih menikmati setiap proses belajarnya. Anda bisa memilih ruangan yang tenang atau menghiasinya dengan hal hal yang Anda sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar