Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ES Oyen, Jakarta Barat Tlp - 0812-1909-6280


Es Oyen atau bisa disebut dengan es campur sepertinya telah tersebar ke beragai penjuru Nusantara. Salah satu nya dalah kota Jakarta Barat

Es Oyen ini biasanya terdapat di pinggir jalan atau pedagang kaki lima dan juga ada di pusat keramaian. Minuman segar ini umumnya dikunjungi masyarakat pada pagi hingga sore hari bahkan malam.
Tetapi es oyen ini mayoritas dikunjungi dan dicari-cari masyarakat pada siang hari karena cuaca yang panas sangat cocok untuk membeli es yang segar ini.
Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, kamu yang ingin merasakan sensasi menyantap es campur sekaligus es teler, pesan saja es oyen.
Untuk anda yang berkunjung ke Jakarta Hususnya Jakarta Barat, tidak ada salahnya mampir untuk mencicipi es Oyen yang benar-benar asli. Dan tentu rasa es ini sangat berbeda dan ada kebanggaan tersendiri.

Jika Mau Berkunjung Atau Mencoba Es Oyen Klik Lihat Di Googl Map

Sejarah

Es oyen sudah ada sejak tahu 1954, awalnya dijajakan dengan berkeliling kampung namun setelah dikenal luas sekitar 1962 barulah dibuat kedai.
Ialah Pak Haji Rahmat yang pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Ketika itu, es buatan si pembuat belum ada namanya.
Banyak masyarakat yang bilang bahwa nama oyen ini terambil dari nama burung milik si pembuat untuk menamai es campur racikannya. Kemudiannya sang bapakpun mendapat julukan sebagai Pak Oyen.
Sejak itu setiap kali berjualan es, si pembuat es tidak lupa membawa burung perkutut kesayangannya.
Setiap kali pembeli datang, burung perkutut itu berkicau seolah memberi isyarat. Kicauan burung perkutut ini jika didengarkan mirip sapaan yang berbunyi “Oyen”.
Nama pembuatnya Pak Haji Rahmat, dan mendapat julukan pak oyen. Saat ini bisnis es oyen ini tidak hanya ada di Bandung lagi, bahkan sudah sampai ke luar Jawa Barat.

Resep Es Oyen

Bahan-bahan :

  • 2 buah alpukat, kerok sesuai dengan selera

Ciri Khas Es Oyen
Berikut ini yaitu adanya agar-agar di dalam es oyen. Cara pembuatan es oyen hampir sama dengan pembuatan es campur. Es oyen isiannya bukan hanya sekadar buah namun juga bahan yang sering ditemukan dalam es campur yaitu mutiara sagu.
Demikian resep yang saya sampaikan semoga bermanfaat. Resep es oyen ini sangat cocok dikonsumsi disaat siang disaat sedang panas-panasnya.

Posting Komentar untuk "ES Oyen, Jakarta Barat Tlp - 0812-1909-6280"