Rabu, 25 November 2020

Manfaat Tanaman Janda Bolong

Fokuskan.com - Manfaat tanaman Janda Bolong ternyata tak sekedar untuk hiasan di rumah. Nyatanya tanaman hias yang harganya sedang tinggi ini memiliki banyak manfaat lainnya.

Manfaat Tanaman Janda Bolong

Karena sedang viral, tanaman ini banyak diperbincangkan netizen di media maya. Banyak netizen yang membagikan foto tanaman Janda Bolong melalui akun media sosialnya.

Saking terkenalnya, tanaman hias Janda Bolong ini pernah trending topik di twitter. Tanaman Janda Bolong menduduki trending pada Minggu, 27 September 2020.

Tren merawat tanaman hias di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang semakin populer. Untuk sebagian orang yang asing dengan berbagai tanaman, saat ini menjadi tertarik untuk memiliki tanaman hias. Dengan yang hanya di rumah saja menyebabkan sebagian orang merasa bosan.

Nah, dengan mempunyai tanaman hias, mereka yang hanya di rumah saja menjadi mempunyai aktivitas. Mereka dapat beraktivitas dengan merawat tanamannya. Selain itu, juga membawa dampak yang baik bagi kebugaran tubuh.

Karena dengan beraktivitas membuat badan menjadi bergerak sehingga tidak hanya diam saja lebih tepatnya mager. Dengan merawat tanaman dapat mengurangi rasa stres dan kecemasan serta meningkatkan konsentrasi.

Saat ini jenis tanaman hias yang semakin populer di kalangan masyarakat salah satunya yaitu tanaman Janda Bolong. Tanaman ini termasuk dalam jenis Monstera adansonii variegated.

Monstera sendiri termasuk kedalam tanaman rambat yang berasal dari berbagai hutan yang ada di wilayah Amerika Latin seperti Meksiko dan Guatemala.

Bentuk daun yang bolong secara alami pada tanaman ini membuat orang tertarik untuk memilikinya. Selain daunnya yang unik, mempunyai warna hijau yang nampak kemilau sehingga terlihat mewah.

Ciri khas utamanya memiliki ukuran daun yang besar dan berbentuk hati. Monstera yang diletakkan didalam ruangan mampu mendatangkan kesejukan atmosfer alami dari hutan tropis.

Harga yang ditawarkan dari tanaman ini mencapai ratusan juta. Dengan harga yang selangit itu, tanaman janda bolong tetap menjadi incaran para penggemar tanaman hias. Bahkan bisa juga menarik perhatian orang yang tidak mengenalnya namun ia penasaran.

Manfaat Tanaman Janda Bolong

Tanaman Janda Bolong tak hanya sekedar pemanis dan penghias rumah, namun juga memiliki beragam manfaat. Berikut manfaat dari Janda Bolong:

Dapat Memperbaiki Kualitas Udara

Dengan meletakkan tamanan dalam ruangan, dapat membuat kualitas udara menjadi semakin sejuk. Kesejukan yang ditimbulkan dapat menjadikan orang betah di ruangan.

Estetika Daun yang Terlihat Mewah

Warna hijau yang dimiliki seakan menampakkan kemilaunya yang membuat tanaman janda bolong terlihat mewah. Sehingga ketika melihatnya merasa menjadi lebih takjub dan senang.

Cocok Untuk Investasi

Tidak rugi jika memiliki tanaman ini, karena dengan harga yang mahal dapat dijadikan untuk investasi. Siapa tahu untuk ke depannya ketika ingin menjual akan berharga lebih mahal pastinya.

Mempercantik Ruangan

Menggunakan tanaman Janda Bolong dalam ruangan sebagai dekorasi rumah tentu akan terlihat lebih cantik. Tanaman Janda Bolong bisa diletakkan di dalam ruangan karena tanaman hias ini tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

Suhu dalam ruangan yang cocok yaitu pada siang hari sekitar 23-25 ̊C dan sekitar 15 ̊C pada malam hari.


Manfaat Tanaman Janda Bolong Sesuai Penempatan

Penempatan di Sudut

Bentuk yang besar dari tanaman ini menyebabkan para penggemar bisa menyesuaikan dengan medianya. Sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu media atau wadah yang akan digunakan.

Contoh yang cocok untuk media tanam adalah pot bermaterial semen, plastik, atau pun porselen. Untuk itu lebih tepat jika diletakkan pada sudut ruangkan karena nantinya tidak akan mengganggu saat akan lalu lalang dan melakukan aktivitas.

Tentunya jika memilih media taman dan jenisnya memiliki harmonisasi yang pas akan menimbulkan tampilan yang adem dan menarik.

Penempatan di Kamar Mandi

Berbeda dengan biasanya, penempatan tanaman janda bolong dapat juga diletakkan di kamar mandi. Tanaman ini akan menimbulkan rasa rileks dan lebih nyaman saat mandi.

Penempatan di Meja

Sangat cocok diletakkan di meja seperti meja belajar yang tentu digunakan setiap hari. Caranya dengan memotong satu helai daun dan letakkan dalam vas bunga dari kaca. Adanya vas bunga menimbulkan tampilan yang menarik sehingga terasa nyaman.

Manfaat tanaman janda bolong di atas sebagai informasi untuk yang belum mengetahuinya. Tanaman Janda Bolong memiliki simbol kesehatan, kemakmuran, dan penghormatan kepada orang tua dan leluhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar