Kamis, 03 Desember 2020

Tips belajar efektif untuk Hadapi Ujian Nasional kelas 6

Fokuskan.com - Apa kunci utama kesuksesan? Kesuksesan bisa diraih jika seseorang rajin dan mau belajar. Khususnya sewaktu mereka masih bersekolah. Belajar bisa menyenangkan kalau Anda tahu cara dan tips menciptakan suasana yang nyaman itu sendiri. Misalnya Hal ini penting khususnya untuk menghadapi Ujian Nasional kelas 6. Apa tips belajar supaya bisa efektif dan ampuh?

Bagi sebagian besar orang kegiatan belajar bukanlah suatu hal yang menyenangkan bahkan sudah menjadi rutinitas yang sangat membosankan. Apalagi belajar di masa pandemi virus corona sekarang, kita semua dihimbau untuk belajar dari rumah masing masing menggunakan sistem pembelajaran online. Mempersiapkan diri untuk ujian kelulusan pertama kalinya pasti tidak mudah. Untuk itu, Yang Anda perlukan hanyalah menerapkan cara belajar yang efektif. 

Salah satu tipsnya adalah melakukan latihan mandiri dengan kunci jawaban yang sudah tersedia. Kurikulum pembelajaran tahun 2020 terbaru menyediakan latihan dan materi per tema yang menarik. Untuk latihan soal, contohnya Anda bisa lihat kunci jawaban tema 6 kelas 6 yang sudah dibahas. Dengan melatih pembahasannya, Anda akan terampil dalam menjawab soal yang diujikan.

Ingin tahu tips lainya? Belajar Anda akan menyenangkan dan berhasil, apabila dibarengi dengan kiat kiat belajar menghadapi UNBK yang berhasil dibawah ini. Mari simak.

Tips belajar efektif untuk Hadapi Ujian Nasional kelas 6

1. Memahami Kisi kisi Ujian Nasional

Mengingat sudah semakin dekatnya hari Ujian Nasional, maka belajar dengan cara membaca semua materi di buku yang dipelajari disekolah bukanlah tips belajar yang efektif. Lebih baik Anda belajar untuk memahami SKL atau standar kompetensi kelulusan saja. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengetahui materi apa saja yang perlu diprioritaskan. Sehingga belajar akan menjadi lebih efektif.

2. Berlatih soal Ujian Nasional tahun sebelumnya

Soal soal ujian di tahun sebelumnya pasti tidak berbeda jauh dengan soal ujian yang akan diberikan pada tahun ini. Nah, soal ujian sebelumnya bisa Anda jadikan sebagai latihan supaya terbiasa untuk mengerjakan soal. Anda bisa memulainya dengan mempelajari suatu materi lalu mengerjakan soal latihan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengukur sejauh mana pemahaman Anda. 

3. Membuat Ringkasan

Salah satu tips belajar yang ampuh namun efektif adalah dengan membuat sebuah ringkasan pembelajaran. Sewaktu belajar dengan materi yang ada dibuku, kemungkinan Anda akan cepat bosan dan capek. Tapi jika Anda membiat seperti mind mapping atau ringkasan dalam bentuk gambar visual, tabel, diagram atau kombinasi warna akan membantu Anda mencerna materi lebih mudah.

4. Mengikuti program pembelajaran disekolah dengan rajin

Sudah mendekati ujian nasional, biasanya setiap sekolah akan mengadakan berbagai program pembelajaran untuk melatih anak anak siap menghadapi UN tersebut. Program pembelajaran tersebut beberapa diantaranya adalah try out, les seusai sekolah dan lain sebagainya. Nah, sebisanya manfaatkanlah fasilitas yang diberikan sekolah ini semaksimal mungkin.

5. Ikut belajar kelompok

Tidak semua orang menyukai yang namanya belajar kelompok. Alasannya ada yang karena tidak menyukai keramaian, yang lain lagi tidak cocok dengan teman sekelompoknya. Jika Anda juga demikian, ingatlah bahwa dengan belajar kelompok, akan ada manfaat yang bisa Anda ambil. Salah satunya yakni bisa saling berbagi pengetahuan dan memecahkan soal yang sulit yang mungkin belum kita ketahui. Ada cara supaya belajar kelompok jadi efektif

6. Membuat jadwal belajar yang rutin

Waktu bisa terasa begitu cepat, yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik baiknya untuk belajar menghadapi ujian nasional yang kian mendekat. Supaya waktu bisa digunakan secara efesien, buatlah jadwal belajar yang baik. Buatlah dalam satu minggu jadwal belajar rutin. Tidak perlu memberikan waktu yang lama untuk belajar. Yang terpenting waktu tersebut efektif dan konsisten.

7. Menjaga kesehatan

Dalam hal ini yang paling penting bukan hanya terus belajar. Anda perlu membarenginya dengan sikap dan pola keseharian untuk menjaga kesehatan tetap baik. Menjelang ujian nasional yang semakin dekat, proses belajar harus dilakukan dengan bijak. Jangan sampai Anda sakit, jika sakit pasti akan sangat mengganggu konsentrasi Anda untuk belajar bukan? Jagalah kesehatan Anda dengan menjaga pola makan yang teratur, tidur cukup dan jika perlu konsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

8. Mencari suasana yang nyaman untuk belajar

Belajar bisa jadi kegiatan yang sangat membosankan bagi kebanyakan anak anak. Nah, untuk tetap bisa belajar dengan baik guna mempersiapkan ujian, cobalah untuk mencari suasana yang nyaman untuk belajar. Dengan kata lain suasana yang bisa membuat mood Anda tetap baik. Misalnya belajat di kamar yang bersih dan sunyi, di taman, sambil mendengarkan musik, atau sambil ngemil jajan kesukaan.

9. Mengurangi kegiatan kurang bermanfaat

Berikutnya sebagai tips yang ampuh juga nih. Untuk bisa sukses menghadapi ujian, Anda harus pintar dan cerdik dalam memprioritaskan hal yang lebih penting. Tentu dalam hal ini yang penting adalah belajar. Nah, cobalah kurangi kebiasaan yang kurang penting yang ternyata bisa menyita waktu Anda. Seperti nongkrong lama bersama teman teman, main game, menonton televisi berjam jam dan lain sebagainya.

10. Cari waktu bersantai

Nah, otak kita juga perlu beristirahat setelah belajar. Jadi langkah terakhir, jangan lupa untuk seimbang dalam hal belajar dan menyegarkan otak dengan bermain atau jalan jalan ditaman. Hal ini penting untuk membuat hati dan pikiran Anda tetap sehat dan tenang saat mulai dekatnya hari Ujian. Yang terpenting, jangan lupa luangkan waktu untuk berdoa untuk kesuksesan Anda dan juga teman teman.

Uraian diatas adalah informasi terbaru seputar parenting anak dalam hal menciptakan suasana belajar yang nyaman dengan tujuan bisa menghadapi ujian kelulusan kelas 6 sekolah dasar dengan baik. Untuk lebih spesifik terkait pembahasan dan latihan soal kelas 6 sekolah dasar, Anda bisa lihat secara lengkap di Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 14, 15, 16, 17, 19, 20. 

Mulai dari sekarang latihlah diri Anda semaksimal mungkin untuk siap menghadapi Ujian Nasional mendatang. Berbeda dengan SMP, SMA/SMK atau Mahasiswa, ujian Sekolah Dasar adalah moment kelulusan pertama bagi sang anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua atau wali sangat penting untuk mendukung proses belajar anak dengan baik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar