Minggu, 20 Juni 2021

Langkah Yang Harus Dilakukan, Cara Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker

Fokuskan.com - Akun media sosial yang rawan menjadi sasaran serangan hacker salah satunya adalah akun Facebook. Kemudahan dalam mengakses akun FB disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat Anda harus mengetahui cara mengamankan akun Facebook dari serangan hacker.

Cara hack facebook sudah dibahas oleh Kang Sandi dan harus dihindari oleh kita semua. Maka, penting sekali bagi Anda untuk belajar cara-cara tersebut, agar akun Facebook tidak dibobol oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula di sosial media ini.

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacker


Dengan mengetahui cara mengamankan akun Facebook dari serangan hacker, tentunya Anda akan merasa jauh lebih aman terkait keamanan akun Facebook. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan akun Facebook dari serangan hacker:

1. Setting Data Pribadi

Data pribadi yang dapat dilihat oleh pengguna lain seperti data lahir, akun email, dan nama pengguna dapat menjadi sasaran empuk untuk hacker. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan pengaturan agar informasi data diri tersebut hanya Anda saja yang dapat melihatnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk dapat mengatur data pribadi yang hanya bisa dilihat oleh Anda sendiri:

Masuk ke akun Facebook Anda, lalu pergi ke menu pengaturan privasi.

Setelah itu, klik Kamu bisa melakukan pengaturan tanggal lahir, email, dan nama pengguna.

Jika sudah, klik opsi “Hanya bisa dilihat oleh Saya”, lalu klik Save.

2. Pengaturan Keamanan Akun

Selain dapat meningkatkan keamanan dari akun Anda, pengaturan ini juga dapat memberikan notifikasi ketika terdapat seseorang yang berusaha masuk ke akun Anda menggunakan perangkat yang tidak dikenal. Anda bisa mengikut cara pengaturannya di bawah ini:

Pilih menu pengaturan, lalu klik opsi Keamanan dan Security.

Setelah itu mengaktifkan notifikasi masuk dan persetujuan masuk ke Facebook.

Nantinya Anda harus memasukan nomor HP untuk melakukan verifikasi.

Langkah ini diperlukan supaya jika ada hacker yang ingin masuk ke akun Anda dengan perangkat tidak dikenal, maka sistem Facebook akan meminta kode akses yang telah dikirimkan ke nomor HP.

Jika proses verifikasi nomor HP selesai, klik tombol Lanjutkan dan tunggu sekitar 2 minggu hingga fungsi keamanan bekerja dengan optimal.

3. Memastikan Email dan Nomor HP Aktif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu bentuk verifikasi akun ketika melakukan login yaitu menggunakan nomor HP. Maka dari itu, pastikan jika nomor HP yang Anda daftarkan adalah nomor HP yang masih aktif.

Selain itu, bentuk verifikasi login Facebook juga dapat menggunakan email. Pastikan juga bahwa email yang Anda gunakan untuk mendaftar di Facebook adalah email aktif.

Jadi, jika Anda mengganti perangkat dan lupa dengan password Facebook, maka Anda dengan mudah melakukan reset password dengan mengganti password yang baru.

4. Mengaktifkan Autentikasi dua-faktor

Setelah Anda berhasil melakukan verifikasi email dan nomor HP, untuk meningkatkan keamanan dari akun Facebook Anda bisa mengaktifkan autentikasi dua-faktor. Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah:

Masuk ke menu Settings.

Setelah itu pilih opsi Keamanan dan Info Login.

Klik opsi “Gunakan autentikasi dua-faktor”.

Klik Edit lalu tekan Mulai.

Pada langkah berikutnya Anda bisa memilih menggunakan metode autentikasinya, dapat menggunakan aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau menggunakan SMS.

Setelah memilih salah satu dari metode tersebut, Anda tinggal mengikuti petunjuk selanjutnya.

Nantinya ketika Anda ingin melakukan login di perangkat baru, maka Anda akan diharuskan untuk menulis kode autentikasi yang telah dikirimkan.

Itu tadi 4 cara mengamankan akun Facebook dari serangan hacker di atas bisa Anda terapkan dengan mudah. Tentunya penting menjaga akun Facebook dari serangan hacker. agar terhindar dari kejadian yang merugikan Anda.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar