25 pepatah Ali bin Abi Thalib tentang membuat hati tentram

sumber istockphoto.com

Bagi umat Islam tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosok Ali bin Abi Thalib RA. Di adalah khalifah keempat Khulafa'Ar-Rasyidin. Ia adalah sepupu Nabi Muhammad SAW, yang menjadi menantunya setelah menikahi putri Nabi Muhammad, Fatima Az-Zahra.

Ali bin Abi Thalib dibesarkan oleh Nabi Muhammad SAW sejak berusia 6 tahun. Ketika Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul, dia adalah orang kedua yang beriman dan menerima dakwah setelah istri Nabi Muhammad Kadije bin Kuvalid.

Setelah menikah dengan Fatima, Ali melahirkan empat orang anak, dua putra dan empat putri, yaitu Umm Kultum, Zainab, Husein dan Hassan. Selain itu, Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai orang yang sederhana dan zuhud. Ia juga dikenal sebagai panglima perang yang sangat pemberani.

Sahabat Ali dikenal sebagai sosok yang cerdas dan alim. Oleh karena itu, tidak heran jika perkataan dan perbuatan Ali sering dijadikan panutan oleh umat Islam. Berikut pepatah Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan yang bisa ditiru oleh umat Islam.

1. Saya telah merasakan semua penderitaan hidup, yang paling pahit adalah harapan manusia.
2. Jangan katakan apa yang tidak ingin Anda dengar, jika orang lain mengatakannya kepada Anda.

3. Ada dua jenis kesabaran: kesabaran dengan hal-hal yang tidak Anda inginkan, dan kesabaran dengan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

4. Orang terlemah adalah orang yang tidak bisa berteman. Tetapi yang lebih lemah dari itu adalah mereka yang memiliki banyak teman tetapi menyia-nyiakannya.

5. Pengetahuan tanpa alasan, seperti kekurangan sepatu. Akal tanpa ilmu ibarat kaki tanpa sepatu.

6. Jika Anda merasa khawatir dan cemas tentang sesuatu, silakan berinvestasi di dalamnya, karena ketakutan menghadapinya lebih mengganggu daripada ketakutan Anda akan urusan Anda sendiri.

7. Telan amarahmu, karena kamu belum pernah menemukan minuman yang lebih manis dan lebih enak.

8. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena orang yang menyukaimu tidak membutuhkannya. Dan mereka yang membencimu tidak percaya itu.

9. Untuk mengetahui kesabaran, dari sudut pandang masalah seseorang, itu seperti kepala seseorang. Jika tidak ada kepala, maka seluruh tubuh akan membusuk. Demikian pula, jika Anda kehilangan kesabaran, maka seluruh masalah akan hancur.

10. Angin tidak menggerakkan pohon, tetapi menguji kekuatan akar.

11. Orang jujur ​​mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.

12. Lidah orang bijak berada di belakang hati, dan hati orang bodoh berada di belakang lidah.

13. Orang yang terlalu memikirkan konsekuensi dari suatu keputusan atau tindakan tidak akan pernah berani.

14. Kesempatan sulit didapat. Gunakan ketika muncul di depan Anda.

15. Jika kelembutan hanya mengarah pada kekerasan, maka kekerasan adalah sejenis kelembutan batin.

16. Tetap berhubungan dengan orang-orang yang melupakan Anda, dan maafkan mereka yang menyakiti Anda.

17. Beberapa obat sebenarnya dapat menyebabkan penyakit, seperti halnya terkadang hal-hal yang menyakitkan dapat disembuhkan.

18. Jangan biarkan kesulitan membuat Anda gugup. Karena bagaimanapun, hanya di malam yang paling gelap, bintang-bintang tampak lebih terang.

19. Teman sejati adalah seseorang yang selalu menasihati saat kamu melihat kesalahanmu, dan yang bersedia membelamu saat kamu pergi.

20. Memuji seseorang lebih dari yang pantas dia dapatkan sama saja dengan menjilatnya. Tetapi mengabaikan pujian dari mereka yang pantas mendapatkannya menunjukkan kebodohan dan kedengkian.

21. Siapa pun yang menempatkan dirinya di tempat yang mencurigakan, jangan salahkan orang lain karena meragukannya.

22. Seseorang berdasarkan tingkat penolakan kejahatan.

23. Dua jenis orang tidak akan pernah merasa kenyang: pencari ilmu dan pencari kekayaan.

24. Orang terlemah adalah mereka yang tidak mau berteman, dan orang terlemah adalah mereka yang menyia-nyiakan teman yang mereka temukan.

25. Bersikaplah murah hati tetapi jangan mengeluarkan uang terlalu banyak. Jadilah orang yang sederhana, tapi jangan jadi orang yang pelit.

Belum ada Komentar untuk "25 pepatah Ali bin Abi Thalib tentang membuat hati tentram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel