6 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Online Kamu


Di tengah situasi pandemi saat ini, banyak sekali dampak yang terjadi. Salah satunya adalah berubahnya sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi daring atau online. Dengan proses belajar seperti itu tentunya berdampak pada semangat dan motivasi kamu sebagai siswa sekolah. Kurangnya fasilitas yang mendukung, proses belajar tidak akan efektif. Lalu bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar online kamu di rumah?

Pada kesempatan kali ini, Kamu akan mengetahui tips yang tepat mendapatkan semangat dan motvasi belajar secara online.

Meningkatkan Motivasi Belajar Online

Ada beberapa indikator dalam menarik minat siswa dalam belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa.

Kondisi saat pandemi ini memaksa guru dan murid untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan daring sehingga menurunkan indikator itu. Supaya kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar online, antara lain :

1. Menentukan Gaya Belajar

Jika Kamu adalah siswa yang sedang menjalani kegiatan belajar mengajar daring, maka Kamu perlu menentukan terlebih dahulu bagaimana gaya belajar kalian. Setiap orang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Selain itu, setiap metode atau gaya belajar memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebagai seseorang yang akan belajar, Kamu harus menentukan apakah Kamu tipe yang visual, audiotori, atau kinestetik. Dengan mengetahui gaya belajar sendiri, Kamu akan menyesuaikan diri dengan materi yang sedang dipelajari saat kelas.

2. Membuat Agenda Belajar

Tips selanjutnya dalam meningkatkan motivasi belajar online adalah dengan membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar yang jelas dan detail akan membuat kamu mudah mengatur waktu dan materi yang harus dipelajari di rumah. Selain itu, kamu juga bisa lebih berkonsentrasi dan fokus dalam belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah. Hanya dengan membuat agenda belajar, maka waktu belajar kamu akan lebih efektif serta efisien.

3. Hindari Gangguan Belajar

Supaya belajar lebih efektif, kamu perlu menghindari beberapa hal yang akan mengganggu kamu dalam belajar. Sebagai siswa yang menjalani belajar secara daring, kamu harus pintar mengatur waktu antara belajar dan bermain gadget atau bersosial media. Hal ini dapat membantu kamu menghindari hal-hal yang mengganggu waktu belajar. Selain itu jangan berada di kerumunan ramai ketika menghadiri kelas daring agar fokus belajar tidak teralihkan. Hal ini akan membuat kalian mendapatkan suasana belajar yang baik dan meningkatkan motivasi.

4. Mencari Sumber Belajar Dari Berbagai Tempat

Dalam meningkatkan motivasi belajar online, kamu dapat mencari sumber informasi atau belajar dari tempat lain seperti perpustakaan online atau sumber online lain yang direkomendasikan. Semakin banyak kamu mendapatkan referensi, maka semakin banyak pula ilmu yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa membangkitkan motivasi belajar karena mengetahui banyak hal yang tidak kamu pelajari di sekolah.

5. Tetap Termotivasi

Cara untuk menjaga motivasi agar tetap terjaga adalah dengan menanamkan kepada diri sendiri bahwa jangan pernah merasa gagal jika hasil yang didapatkan tidak sesuai harapan. Sebagai siswa, kamu harus merasa bangga dengan apapun hasil yang kamu dapatkan. Dengan begini, secara tidak sadar kamu akan memotivasi diri untuk lebih meningkatkan hasil selama proses belajar berlangsung. Kamu bisa mencatat kemajuan yang didapat, ketika kamu melihat catatan tersebut, kamu akan menyadari bahwa motivasi kamu belajar tetap konsisten bahkan terus meningkat.

6. Istirahat

Walau belajar secara daring dan memiliki banyak tugas, kamu tidak boleh lupa untuk beristirahat yang cukup. Dengan istirahat, kamu bisa meningkatkan motivasi belajar online dengan baik. Istirahat yang cukup jadi salah satu faktor penting dalam proses belajar. Belajar tiada henti juga akan membuat otak dan tubuh jadi lebih mudah lelah. Dengan tubuh yang lelah, maka proses belajar juga tidak akan maksimal. Materi yang disampaikan guru juga tidak akan masuk ke ingatan dengan baik.

Nah, itu dia 6 tips dalam meningkatkan motivasi belajar online yang dapat kamu terapkan di rumah. Supaya kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu harus memiliki niat yang kuat untuk berusaha menjalaninya. Jangan patah semangat!

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Online Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel