Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bekerja



Pekerjaan freelancer yang juga dikenal dengan istilah freelancer kini mulai diperhatikan banyak orang. Selain memberikan keleluasaan yang tidak didapatkan dalam pekerjaan kantoran, profesi ini juga diharapkan dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Jika Anda serius, Anda bahkan dapat menghasilkan puluhan dolar sehari, lho.

Namun, menjadi seorang freelancer tidak selalu mudah. Anda harus siap dengan segala kemungkinan, terutama saat pekerjaan sedang sepi. Lantas, bagaimana caranya agar Anda berhasil mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah?

Ketahui keahlian Anda

Kunci sukses berkarir sebagai freelancer adalah keterampilan yang Anda miliki. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai, pastikan Anda memang memiliki kemampuan khusus yang bisa Anda "sampaikan", seperti menulis, mendesain, menerjemahkan, mengajar, analisis, IT, atau lainnya.

Keterampilan inilah yang ingin Anda jual ke pasar (melayani pengguna). Melakukan apa yang benar-benar Anda sukai/keahlian juga akan membuat Anda lebih berkomitmen untuk itu, bukan?

Identifikasi pelanggan potensial

Setelah menyadari potensi Anda, Anda perlu mengidentifikasi pelanggan potensial secara lebih rinci. Singkatnya, Anda perlu tahu klien seperti apa yang ingin Anda ajak bekerja sama. Ini erat kaitannya dengan level/kehormatan yang kamu terima, lho.

Misalnya, Anda adalah seorang penulis lepas dengan pengalaman terbang yang luas di bidang e-commerce. Anda kemudian dapat menargetkan pelanggan potensial yang memiliki masalah di bidang serupa, seperti pemilik bisnis online. Sekarang, dengan spesialisasi ini, Anda dapat menetapkan tarif yang bagus atau bahkan lebih tinggi. Tentu saja pelanggan lebih suka bekerja dengan orang yang berpengalaman, bukan?

Tetapkan harga yang strategis

Dilema terbesar yang dihadapi oleh para freelancer adalah mereka harus menentukan rate dari proyek yang mereka kerjakan. Jangan biarkan siapa pun memanggil Anda perintah tentang masalah ini. Harganya harus sebanding dengan pengetahuan dan pengalaman profesional yang dimiliki.

Ya, meskipun berada di bidang yang sama persis, wajar jika dua orang mengenakan biaya yang berbeda. Jadi, tetapkan tingkat bunga strategis yang sesuai dengan kemampuan Anda-tidak terlalu rendah, tetapi tidak terlalu tinggi.

Siapkan portofolio

Freelancer harus memiliki situs web portofolio. Gunakan sebagai personal brand untuk menarik perhatian pelanggan agar menggunakan jasa Anda. Portofolio akan membuat Anda terlihat lebih profesional dan siap bekerja. Jadi, pastikan portofolio tersebut benar-benar mewakili keahlian dan pengalaman Anda, ya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai freelancer. Bagi yang juga memulai bisnis di rumah,

Seperti kantor tradisional, kantor virtual juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas profesional untuk mendukung produktivitas Anda, seperti ruang rapat, pemrosesan surat, resepsionis, dan legitimasi bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel