Ingin Memulai Bisnis Fashion Di Tahun 2022? Lakukan 5 langkah ini

Source image: pixabay.com

Para pelaku usaha UMKM semakin yakin dengan peluang keberhasilannya di tahun 2022. Menurut penelitian baru dari McKinsey, e-commerce Indonesia diperkirakan akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini semakin menunjukkan bahwa sektor UMKM salah satunya bisnis fashion memiliki momentum untuk menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menanggapi temuan tersebut, Country Manager Zilingo Indonesia Melina Marpaung mengatakan bahwa inilah saat yang tepat bagi para pelaku usaha yang baru memulai. Infrastruktur digital Indonesia yang semakin matang dan didukung oleh platform online yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya, memungkinkan para pelaku bisnis untuk tumbuh lebih cepat. “Oleh karena itu sangat penting untuk dipersiapkan dengan baik agar memiliki landasan yang kokoh untuk mulai mengembangkan brand Anda,” kata Melina dalam keterangan pers.

Melina membagikan 5 langkah sederhana yang bisa dijadikan acuan bagi para pelaku UKM untuk memulai bisnis fashion, sebagai berikut:

1. Mengamati tren pasar 

Cara mudah untuk mengamati tren adalah dengan melakukan riset produk. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah data trend berdasarkan kondisi pasar agar produk yang Anda pilih nantinya dapat dengan mudah diterima.

"Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat media sosial dan mencari melalui Google atau website terkait fashion research. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survei konsumen untuk bisa mendapatkan pemahaman yang lebih detail tentang apa yang diinginkan konsumen Anda," kata May. kata Lina.

2. Identifikasi target pasar 

Anda Jika Anda sudah mengetahui target pasar Anda, Anda bisa membuat produk yang Anda sukai dan butuhkan. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menentukan tujuan Anda adalah dengan melihat pesaing Anda.

Lihat dan analisis produk pesaing Anda, dan dengan analisis ini, Anda dapat mengidentifikasi celah yang belum dimiliki pesaing Anda dan menciptakan peluang darinya. Selain itu, Anda juga dapat membuat persona pembeli.

Persona pembeli adalah gambaran yang jelas tentang target pasar Anda, biasanya persona ini akan memiliki karakteristik, kebiasaan, demografi, dll. Lakukan banyak riset dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memberikan gambaran yang jelas tentang target pasar Anda.

3. Kenali Pesaing Anda 

Banyak hal yang bisa dipelajari dari pesaing Anda, mulai dari produk apa yang dijual, teknik pemasaran hingga cara mendistribusikannya. Meneliti pesaing Anda sangat membantu untuk memulai bisnis karena Anda dapat melihat peluang dengan lebih jelas dan mengenali keunggulan produk Anda sendiri.

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan di zaman sekarang ini adalah media sosial pesaing Anda karena Anda dapat melihat bagaimana pesaing Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Juga, sama pentingnya untuk memeriksa ulasan pelanggan pesaing Anda. Ini membantu Anda memahami kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

4. Menyiapkan konsep bisnis 

Konsep bisnis ini akan menjadi panduan untuk memulai bisnis dan menjalankan bisnis. Beberapa hal yang perlu diketahui ketika mengembangkan konsep bisnis ini:

Analisis Pasar: Berisi hasil pengamatan pasar meliputi: target pasar, pesaing dan keunikan bisnis Anda.

Deskripsi Merek: Kisah di balik merek Anda dan kekuatan bisnis Anda. Seperti visi, misi, atau tagline unik merek Anda.

Deskripsi Produk: Mulailah dengan deskripsi produk yang akan Anda buat, mulai dari gaya, fitur, warna, atau jenis koleksi.

Strategi Pemasaran: Strategi apa yang Anda gunakan saat memasarkan bisnis fashion Anda.

Analisis Keuangan: Jelaskan bagaimana Anda akan mengatur keuangan Anda, mulai dari menentukan fashion, harga produk, membagi biaya operasional hingga menghitung keuntungan.

5. Persiapkan produk fashion Anda 

Jika semua sudah siap, sangat penting untuk memulai produk Anda. Brand yang menawarkan produk original dan berkualitas. Pada tahap ini, Anda perlu memperhatikan desain produk, menemukan produsen kain yang tepat, membuat logo merek Anda, mengambil foto, dan terakhir memasarkan produk Anda melalui platform online.

1 Komentar untuk "Ingin Memulai Bisnis Fashion Di Tahun 2022? Lakukan 5 langkah ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel