Cara Menjadi Dropshipper Profesional

Source image: istockphoto.com

FOKUSKAN.COM  Berencana memulai bisnis tapi dana terbatas? Menjadi shipper adalah solusinya. Dropshipping memungkinkan penjual mendapat untung dari apa yang mereka jual tanpa harus menyimpan produk, mengemas, dan mengirimkan produk.

Bisnis plan dropshipping yang sangat sederhana bisa dilakukan kapan saja, di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Saat ini, banyak orang yang terjun ke bisnis dropshipping. Barang yang dijual juga sangat beragam, mulai dari elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan, minuman dan lainnya. Saat ini, banyak pemasok menawarkan program khusus sebagai pengirim.

Penjelasan dari BukuWarung tentang apa itu dropshipper, cara menjadi dropshipper, dan kelebihan dan kekurangannya bisa kamu simak di bawah ini.

Apa itu penjualan langsung?

Apa itu penjualan langsung? Dropshipping adalah sistem penjualan dimana penjual tidak perlu menimbun barang yang akan dijual. Setelah itu, penjual hanya perlu mempromosikan produk pemasok, dan jika ada pesanan akan diteruskan ke pemasok. Karena itu, penjual tidak perlu berurusan dengan produk.

Direct selling sering disamakan dengan reseller. Tapi, ada perbedaan, lho. Dropship tidak perlu menyimpan barang di tokonya, sedangkan reseller perlu menyimpan barang di tokonya. Perbedaan lainnya adalah dropship tidak membutuhkan uang untuk membeli dana, sedangkan reseller membutuhkan dana untuk menjual.

Apa itu pengirim?

Shipper adalah pelaku yang menjalankan bisnis pelayaran. Dropshippers mendapatkan keuntungan dari selisih harga supplier dengan harga jual ke customer.

Tugas shipper hanyalah mencari pelanggan melalui berbagai cara, dari mulut ke mulut hingga pemasaran online.

Bagaimana menjadi pengirim
Anda bisa menjadi pengirim dengan

1. Putuskan produk mana yang akan dijual

Pemilik harus bisa mengidentifikasi produk yang akan dijual menggunakan sistem dropshipping. Ada baiknya melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan minat pasar.

Riset pasar akan membuat produk yang Anda jual laris manis sehingga bisnis dropshipping Anda akan berjalan lancar.

Pastikan juga Anda memahami seluk beluk apa yang Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual produk kosmetik, Anda harus melalui uji klinis, persetujuan edar dan BPOM.

2. Temukan pemasok

Kapten harus mencari pemasok terpercaya yang ahli dalam dropshipping. mengapa? Karena nantinya semua order yang masuk akan diproses oleh supplier. Jika pemasok tidak fleksibel dalam memproses pesanan Anda, bisnis dropshipping Anda akan runtuh.

Pertimbangkan juga harga jual vendor. Pilih harga yang lebih murah karena akan meningkatkan keuntungan kapten. Ingat, jangan menetapkan keuntungan kecil karena dapat menyebabkan Anda kehilangan uang jika terjadi peristiwa yang tidak terduga.

3. Buat akun toko

Pemilik harus membuat akun toko untuk menjual produk yang akan dijual. Misalnya buka akun Shopee, Tokopedia, Tiktok, Instagram dan media sosial lainnya.

Pemilik juga perlu merenovasi toko online, seperti menyediakan desain, copywriting, sistem penjualan dan sebagainya.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Nah, sekarang kita langsung ke latihan ya kapten. Pada kesempatan kali ini, BukuWarung akan memberikan contoh bagaimana cara menjadi Distributor Shopee. Metode seperti di bawah ini.

1. Memiliki akun Shopee

Sebelum memulai bisnis dropshipping, kapten terlebih dahulu harus memiliki akun Shopee. Tonton tutorial kami tentang cara mudah membuka akun Shopee di YouTube

2. Pelanggan memesan produk

Ya! Produk yang Anda jual telah dipesan oleh pelanggan. Yang dilakukan pelanggan pada tahap ini adalah mengecek apakah pelanggan benar-benar membeli produk tersebut, jenisnya apa, warnanya apa, sistem pembayarannya apa, dan di mana alamatnya.

3. Memesan produk dari pemasok

Setelah tahap pemeriksaan selesai, pesan produk dari pemasok pilihan Anda.

4. Isi alamat pelanggan

Selanjutnya, Anda perlu mengisi alamat pelanggan dengan benar di sistem checkout.

5. Centang "Kirim sebagai Dropshipper"

Biasanya, fungsi kirim akan tersedia sebagai dropshipper, di mana Anda perlu menuliskan siapa yang mengirim produk. Isikan nama toko kapten di kolom.

6. Pesanan selesai

Setelah semua langkah selesai, saatnya kapten untuk memantau pesanan. Pastikan produk yang dipesan sampai ke pemesan dan jangan lupa minta review produk agar toko anda dapat label bintang

Label ini meyakinkan pelanggan baru yang akan memesan di Juragan bahwa toko Juragan adalah.

Cara memproses pesanan dropship

Berikut cara penanganan order dropship jika pelanggan melakukan pemesanan melalui media sosial.

1. Pelanggan membeli produk

Setelah pelanggan membeli produk dan berhasil membayarnya, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah produk yang dibeli pelanggan ada stoknya. Jika tidak, kapten dapat bernegosiasi dengannya atau membatalkan pesanan.

2. Hubungi pemasok

Pada tahap selanjutnya, jika barang yang dipesan oleh pelanggan tersedia, pesanan diteruskan ke pemasok.

Pemasok akan memproses pesanan dan mengirimkannya ke alamat pelanggan kapten. Biasanya, pemasok mengirimkan tanda terima pesanan ke pengirim, yang kemudian meneruskannya ke pelanggan untuk memantau paket pesanan.

3. Barang dikirim oleh pemasok dan diterima oleh kapten dan pelanggan

Setelah barang dikirim ke customer, diperlukan review terhadap barang yang dipesan. Ulasan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru Anda berbelanja di toko Anda.

Jika barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, master dapat mengajukan klaim kepada pemasok. Seringkali, pemasok akan meminta bukti produk yang tidak sesuai.

Keuntungan menjadi Dropshipper

Keuntungan menjalankan bisnis dropshipping adalah Anda dapat memulai bisnis tanpa modal, dapat dilakukan di mana saja, mudah dijalankan, tidak perlu khawatir memproses pesanan, tidak perlu stok barang, dan produk yang Anda jual bisa bermacam-macam.

Kekurangan menjadi dropshipper

Nah, jika Anda ingin menjadi seorang dropshipper, Anda perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangan berikut ini.

Kerugian tersebut merupakan keuntungan yang kecil misalnya karena harus dibagi dengan pemasok, dropshippers harus memantau persediaan barang pemasok agar tidak ada kekosongan di toko kapten, dan dropshippers tidak dapat menentukan kualitas barang karena mereka sangat bergantung pada pemasok.

Nah, berikut ini penjelasan BukuWarung tentang apa itu dropshipper, apa itu dropshipper, bagaimana cara menjadi dropshipper, dan kelebihan dan kekurangan bisnis jenis dropshipper.

Perlu Anda ketahui bahwa memulai bisnis membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu. Anda dapat mempelajarinya melalui Google, YouTube, atau media sosial lainnya. Maklum, ilmu bisnis bisa meningkatkan penjualan captain store.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Dropshipper Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel