Wajib Di Coba, Bisnis Angkringan yang Viral Jaman Sekarang


Fokuskan.com,  Bisnis angkringan belakangan ini menjadi salah satu cara berjualan yang paling diminati di dunia kuliner.

Secara umum dalam bentuk angkringan ada konsep warung mobil dan tenda sederhana, uniknya angkringan ini hanya buka dari sore hingga malam hari.

Di mana Anda mulai menjual angkringan ini? Jawabannya adalah dari Kota Yogyakarta, di mana seorang pedagang membawa barang dagangannya dan meninggalkannya di satu tempat untuk dijual.

Seiring berjalannya waktu, banyak pedagang yang mulai mengikuti cara berjualan angkringan ini.

Sejak dahulu angkringan biasanya menawarkan menu seperti Nasi Kucing yang terdiri dari nasi putih dan berbagai lauk pauk seperti gorengan, tempe, tahu, usus ayam, dll.

Zaman yang semakin modern, membuat anak muda sekarang menjadikan metode angkringan sebagai penjualan tradisional yang trendi.

Tetap memberikan kesan yang santai, sekarang menu makan angkringan sudah jauh lebih bervariasi, yuk intip gimana cara membuka angkringan modern zaman now!

Cara Memulai Bisnis Angkringan Modern
Bisnis angkringan yang modern kini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan loh Juragan.

Mengapa? Melihat dari perilaku anak muda zaman sekarang yang suka makan santai di malam hari, membuat bisnis ini laku keras di kalangan masyarakat.

Kini para pebisnis angkringan, melakukan banyak inovasi agar dagangannya laku di masyarakat dengan menjual aneka macam makanan modern.

Bukan suatu hal yang aneh, kalau Juragan suka lihat angkringan-angkringan zaman sekarang justru lebih ramai daripada di kafe-kafe.

Berikut cara memulai usaha angkringan yang wajib Juragan tahu:

1. Pilihan Menu
Memilih menu makanan angkringan adalah faktor terpenting yang harus Juragan pikirkan terlebih dahulu.

Nantinya, menu makanan angkringan akan mempengaruhi tingkat penjualan Juragan kedepannya.

Berikut rekomendasi pilihan makanan angkringan yang tradisional hingga modern :

Nasi kucing
Aneka sate
Aneka gorengan
Roti panggang
Sosis bakar
Kentang goreng
Singkong aneka rasa
Pisang coklat keju susu
Dan masih banyak lagi aneka makanan angkringan yang bisa Juragan jual, kalau bisa ada beberapa menu yang lebih ditonjolkan agar menarik minat calon konsumen.

2. Tentukan Target Pasar
Hal kedua yang harus diperhatikan adalah siapa target pasar Juragan? Apakah dari kalangan menengah atau kalangan atas.

Kalau boleh disarankan, cobalah mentargetkan sesuai dengan lokasi yang nantinya Juragan pilih.

Misalnya target pasar Juragan adalah anak muda kalangan menengah, maka pastikan harga jualnya sesuai dengan kantong anak muda.

3. Menentukan Lokasi Angkringan
Setelah menentukan target pasar, sekarang saatnya menentukan lokasi angkringan.

Kalau target pasarnya adalah orang-orang yang sudah kerja, carilah lokasi tempat banyak perusahaan berdiri.

Lokasi akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan Juragan, sebisa mungkin lokasi dan target sesuai agar bisa laku keras.

4. Menentukan Harga
Harga dapat Juragan tentukan ketika sudah menemukan target pasar dan lokasi yang tepat.

Ada 2 hal utama dalam menentukan harga yaitu, harga sewa tempat dan siapa target pasar Juragan.

Kalau Juragan sewa ditempat mahal otomatis makanan juga akan lebih mahal,  begitu juga sebaliknya kalau lebih murah, maka harga angkringan juga akan murah.

Selain itu, Juragan bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan harga yang pas, bisa dengan wawancara atau memberikan link form yang berisi survey.

5. Konsep Angkringan
Konsep angkringan modern pastinya harus berbeda dengan angkringan tradisional.

Jika angkringan tradisional hanya menggunakan gerobak mobile, yang diberi tempat duduk dan meja panjang, kini angkringan modern harus menciptakan sesuatu yang berbeda.

Usaha angkringan harus bersifat menyenangkan dan membuat nyaman, salah satu caranya yaitu dengan memberikan fasilitas.

Fasilitas tersebut bisa berupa kursi dan meja yang menarik, Wifi hingga lampu-lampu yang menarik, hingga pemutaran musik kekinian.

6. Promosi di Media Sosial
Nggak ada salahnya dong kalau usaha angkringan di promosikan lewat media sosial? Karena mengusung konsep modern, pemasarannya juga harus modern.

Maka buatlah akun media sosial seperti instagram agar menarik minat calon konsumen, selain itu media sosial juga akan membantu usaha Juragan dikenal masyarakat luas.

7. Melayani dengan Ramah
Melayani pelanggan dengan ramah menjadi nilai plus untuk branding bisnis angkringan Juragan.

Kalau pelayanan Juragan ramah dan kinerjanya baik dihadapan pelanggan, maka mereka juga akan puas.

Kesenangan pelanggan akan meningkatkan penjualan, biasanya mereka akan merekomendasikan ke teman-temannya untuk beli makanan di angkringan Juragan.

8. Mengembangkan Usaha
Mengembangka usaha adalah salah satu jalan untuk menambah omset penjualan, maka dari itu cobalah untuk membuka angkringan di beberapa lokasi.

Selain dapat membuka lapangan kerja, usaha Juragan juga akan jauh lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Angkringan
Sama seperti jenis usaha pada umumnya, bahwa ketika Juragan memilih usaha angkringan maka harus menerima berbagai resikonya.

Ada kerugian dan keuntungan bisnis angkringan yang harus Juragan terima.

Keuntungan :

Bisnis angkringan adalah prospek usaha yang menjanjikan saat ini, jika Juragan lihat diberbagai pinggir jalan pusat kota, cukup banyak pebisnis yang membuka usaha angkringan.
Menu makanan cocok di lidah masyarakat Indonesia, angringkan yang disediakan dengan berbagai macam menu akan membuat konsumen tertarik, berbeda dengan jenis angkringan lain yang umumnya hanya mempunyai satu menu saja.
Membuka usaha angkringan nggak perlu keahlian khusus, menu makanan bisa Juragan dapatkan dengan bekerjasama, Juragan hanya perlu tahu bagaimana rencana bisnis dan strategi yang tepat.
Bukan jenis usaha yang habis oleh waktu, selama Juragan bisa menciptakan strategi yang tepat sasaran, maka jualan pun akan laris dan stabil.
Kerugian :

Bisnis angkringan nggak selamanya ramai, sama seperti bisnis lainnya, pasti ada juga saat pengunjung sepi, maka untuk mengatasi hal tersebut cobalah trik-trik marketing yang bisa membuat angkringan ramai kembali.
Angkringan yang sifatnya memakan tempat pinggir jalan, harus membutuhkan tenaga lebih untuk bongkar pasangnya, nggak seperti restoran atau kafe yang sudah mempunyai lapak sendiri, angkringan harus menyesuaikan waktu penjualan.
Faktor cuaca juga akan mempengaruhi tingkat penjualan, angkringan akan sepi jika sering hujan, maka ketika musim hujan, Juragan harus mempunyai usaha sampingan lain.
Itulah beberapa kerugian dan keuntungan bisnis angkringan yang dapat Juragan ketahui sebelum ingin membukanya.

Ketahuilah bahwa setiap bisnis pasti ada naik dan turunnya, tinggal bagaimana Juragan sebagai pelaku bisnis memutar otak agar usaha angkringan tetap eksis di mata masyarakat.

Kalau Juragan berniat untuk berjualan angkringan modern, segeralah download aplikasi BukuWarung.

Aplikasi pembukuan digital yang bisa Juragan download melalui Handphone atau PC, BukuWarung memudahkan Juragan untuk mengelola laporan keuangan.

Selain itu di aplikasi ini Juragan bisa berjualan pulsa, listrik bahkan top up E-Wallet yang bisa menambah penghasilan Juragan.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Di Coba, Bisnis Angkringan yang Viral Jaman Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel