8 Peluang Bisnis IT yang Menjanjikan di Tahun 2022 Yang Wajib Di Coba


Tidak ada yang menyangkal bahwa Teknologi Informasi (IT) telah menjadi salah satu elemen penting bisnis saat ini. Tanpa dukungan IT, kecil kemungkinan perusahaan untuk bersaing di era digital ini. Hal ini menjadikan sebuah peluang bagi Anda yang ingin membuka bisnis IT.

Ada banyak beragam produk dan layanan IT yang dapat Anda tawarkan ke perusahaan-perusahaan. Baik itu perusahaan yang besar, bahkan UKM. Semua skala bisnis membutuhkan solusi IT. Berikut ini saya tuliskan beberapa peluang bisnis IT yang cukup menjanjikan di tahun 2022. Mari simak.

1. Software House

Software house adalah perusahaan yang memberikan layanan pembuatan software custom. Yang dimaksud custom adalah fitur-fitur yang dibuat, disesuaikan dengan permintaan dari pelanggan. Software di sini bisa berupa aplikasi berbasis web maupun aplikasi berbasis mobile (Android dan iOS).

Banyak perusahaan membutuhkan jasa pembuatan software custom, karena belum adanya produk jadi yang sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu, software house juga memiliki peluang besar untuk masuk ke organisasi pemerintah. Pada organisasi pemerintah, banyak proses bisnis yang unik, sehingga belum ada software jadinya.

Berikut ini beberapa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan software house:


Pembuatan aplikasi web
Pembuatan aplikasi mobile (Android dan iOS)
Pembuatan dan desain website
Pembuatan toko online
Penyedia talenta programmer (outsourcing)

2. Agensi Digital Marketing

Strategi pemasaran digital marketing telah menjadi tren saat ini. Baik UKM hingga perusahaan besar, semua menerapkan digital marketing. Ini merupakan peluang bagi Anda yang memiliki pengalaman dalam pemasaran digital ini. Dengan berbekal skill yang Anda miliki, Anda dapat membuka agensi digital marketing.

Agensi digital marketing, biasanya memberikan layanan:


Desain website
Pemasangan iklan digital, seperti FB Ads, Google Ads, Instagram Ads, dll.
Manajemen media sosial
Layanan email marketing
Content writing dan SEO

3. Layanan Hosting dan Domain

Website dan aplikasi web tidak dapat diakses tanpa adanya hosting. Domain, memberikan kemudahan akses pada website dengan mengetikkan nama yang lebih terbaca daripada alamat IP. Meskipun sudah banyak penyedia layanan hosting dan domain, bisnis ini masih memiliki potensi pasar yang besar. Semua perusahaan butuh website, sekolah butuh website, bahkan perorangan pun banyak yang membuat blog. Website dan blog mereka pasti membutuhkan hosting dan domain.

Berikut ini beberapa layanan yang ditawarkan oleh penyedia hosting dan domain:


Sewa shared hosting, VPS, dan dedicated server
Penjualan domain
Layanan pengelolaan server (managed service)
Sewa email hosting
Penjualan kelengkapan website lainnya: cPanel, SSL,

4. SaaS dan Aplikasi Mobile

Selain pembuatan software custom, bisnis software siap pakai juga memiliki peluang besar. SaaS, produk software berbasis cloud yang ditawarkan dengan model berlangganan, dan juga aplikasi mobile. Kedua jenis software ini banyak digunakan perusahaan kecil hingga besar. Dengan lebih dari 60 juta perusahaan di seluruh Indonesia, menjadikan SaaS dan aplikasi mobile ini sebuah bisnis yang menjanjikan.

Beberapa software dan aplikasi mobile yang banyak beredar di pasaran:

Software akuntansi
Software kasir dan Point Of Sales (POS)
Software payroll dan HRIS
Software CRM
Software call center

5. Pelatihan IT

Selain pendidikan formal, pendidikan non-formal juga banyak diminati masyarakat. Dengan besarnya peluang kerja yang menjanjikan di dunia IT, banyak profesional yang beralih karir. Mereka mengambil kursus IT untuk ikut meramaikan ramainya bursa kerja industri IT. Hal ini menjadikan peluang bisnis pelatihan IT sangat menjanjikan. Anda dapat menawarkan pelatihan IT secara online maupun offline.

Pelatihan IT memiliki beberapa program yang menarik, di antaranya:

Kursus Data Science dana Analytics
Kursus Digital Marketing
Kursus Pemrograman Web dan Mobile

6. Konsultan IT

Konsultan IT menawarkan jasa konsultasi terkait implementasi IT di perusahaan. Mengelola aset IT bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, jasa konsultan IT banyak dibutuhkan. Apalagi jika Anda memiliki spesialisasi dan sertifikasi di bidang tertentu. Tentu hal ini akan membuat tarif Anda semakin tinggi.

Beberapa layanan yang diberikan oleh konsultan IT adalah:


Penyusunan IT Master Plan
Konsultasi tata kelola IT (IT governance)
IT audit

7. VAR – Value-Added Reseller

Banyak sekali brand software internasional yang sudah memiliki nama besar. Alih-alih membuat software sendiri, Anda memilih untuk menjual software brand lain, dan menawarkan jasa implementasinya. Yap, inilah yang disebut dengan VAR, Value-Added Reseller.

Dengan menjadi VAR, Anda dapat fokus pada penjualan produk dan implementasinya. Dukungan teknis dan pembaruan produk software, dilakukan oleh principal. Bisnis ini memiliki peluang yang besar karena banyak perusahaan lebih memilih software dengan brand yang kuat daripada yang masih baru.

Perusahaan VAR dapat memberikan layanan sebagai berikut:

Penjualan lisensi produk software
Jasa konsultasi software
Pelatihan penggunaan software
Jasa implementasi software
Jasa kustomisasi dan integrasi

8. Konsultan Big Data

Data adalah emas baru, jargon yang sering dikumandangkan pada era digital ini. Dengan kompetisi bisnis yang semakin keras, pemanfaatan data menjadi krusial. Siapa yang dapat mengolah data menjadi informasi yang bernilai, akan memiliki keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, saat ini banyak yang mencari konsultan big data. Permintaan banyak, namun penawarannya masih kurang. Ini menjadikan potensi bisnis konsultan big data sangat menjanjikan.

Layanan yang diberikan oleh konsultan big data antara lain:


Implementasi big data, termasuk data warehouse dan business intelligence
Implementasi dasbor eksekutif dan visualisasi data
Data analytics

Belum ada Komentar untuk "8 Peluang Bisnis IT yang Menjanjikan di Tahun 2022 Yang Wajib Di Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel