Ide Bisnis Di Rumah Dengan Modal Kecil Untuk Menambah Penghasilan Layak Untuk Di Coba

Bisnis rumahan dengan modal kecil  adalah impian bagi semua calon pengusaha. Di tengah tengah  sulitnya mencari pekerjaan membuat beberapa orang berpikir untuk mempekerjakan diri sendiri dengan merintis sebuah usaha. Cara ini dianggap jalan yang paling praktis untuk mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu, banyak di antara mereka yang gencar mencari peluang usaha rumahan dengan modal yang minim namun menawarkan keuntungan yang lumayan. Mungkin Anda juga salah satunya?

Usaha rumahan adalah peluang usaha modal kecil yang dapat dibilang cukup menguntungkan asal digarap dengan serius. Maksudnya, sama seperti bisnis pada umumnya bisnis rumahan juga memerlukan strategi atau perencanaan bisnis untuk mengembangkannya. Tanpa ada hal itu, hasil yang didapatkan pastinya akan pas-pasan saja. Pas untuk biaya oprasional, gaji karyawan, dan keperluan bisnis lainnya. Kalau begitu Anda tidak mungkin mendapatkan keuntungan lebih.

Nah, jadi bagaimana agar usaha rumahan modal kecil yang Anda rintis bisa menghasilkan keuntungan yang besar? Berikut ini beberapa kunci sukses untuk mengembangkan usaha rumahan yang bisa Anda terapkan.


Inilah Kunci Sukses Usaha Di Rumah Dengan Modal Kecil Yang Layak Anda Coba

Manfaatkan Teknologi Internet untuk Menjangkau Pasar Lebih Luas

Meskipun tajuknya adalah usaha rumahan tapi bukan berarti pemasarannya pun hanya di sekitar lingkunan rumah bukan? Perkembangan teknologi dan internet yang semakin maju ini justru perlu sekali Anda manfaatkan. Adanya media sosial, website dan berbagai situs jual-beli online sangat berguna untuk membantu pemasaran produk Anda.

Promosi Menggunakan Influencer Marketing


Saat memulai sebuah usaha, pada umumnya orang mempromosikan usahanya melalui cara berikut ini. Bisanya pelaku usaha melakukannya dengan menjuk satu orang yang bisa mempengaruhi pilihan konsumen, atau yang disebut dengan influencer. Si Influencer ini lah yang nantinya akan merekomendasikan produk kita ke orang lain. Teknik pemasaran ini telah banyak diterapkan oleh pelaku usaha online shop dengan menggunakan jasa artis salebgram untuk mempromosikan produknya.

Pasarakan ke Toko-toko


Bila cara di atas tidak kunjung juga menghasilkan, cara lain untuk mempromosikan usaha rumahan Anda dengan bantuan mitra usaha. Tawarkanlah beberapa toko-toko sekitaran rumah yang bisa dititipkan produk Anda. Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu siapa konsumen toko tersebut. Pahami terlebih dahulu pasar mereka, misalnya apa yang mereka butuhkan dan bagaimana prospeknya untuk bisnis Anda kelak jika produk Anda dipasarkan di toko tersebut.

Tambah Pengetahuan Adminsitrasi Dasar


Mengetahui cara membuat laporan keuangan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh pengusaha. Dalam membuat laporan keunagan Anda perlu mencatat seluruh pengeluaran baik besar maupun kecil, biaya oprasional, biaya produksi dan pemasaran secara teliti dan detail. Laporan keuangan yang mendetail inilah yang dapat menjadi pondasi untuk keberlangusngnan bisnis Anda nantinya. Dari sana Anda bisa mengetahui jumlah keuntungan serta modal yang perlu Anda keluarkan kembali.

Usaha rumahan modal kecil apa yang bisa langsung dikerjakan? Banyak sekali, misalnya usaha jual kue di rumah, usaha toko sembako dan masih banyak lainnya. Beberapa usaha tersebut sangat menguntungkan bila Anda merintisnya dengan serius. Selain, beberapa usaha rumahan di atas ini dia berberapa alternatif usaha di rumah dengan modal yang minim.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Bisnis Di Bidang Fashion
Usaha rumahan modal kecil yang pertama adalah bisnis di bidang fashion. Bisnis ini tidak akan pernah mati, malahan akan semakin banyak digeluti oleh pengusaha. Tren fashion akan terus berkembang dari waktu kewaktu sehingga peminatnya tidak akan pernah sepi. Itulah alasan mengapa banyak orang yang menjalankan bisnis ini, dalam skala rumahan ataupun besar. Apa saja bisnis dibidang fashion yang modalnya kecil namun menguntungkan?

Bisnis Fashion Secondhand

Barang bekas bukan berarti sudah tidak diminati loh. Baru-baru ini barang yang sudah terpakai tersebut justru diincar oleh banyak anak muda. Jumlah penjualnya pun lama kalamaan bertambah karena melihat banyaknya permintaan. Penjual barang bekas, terutama fashion sebenarnya sudah ada sejak lama. Dulu kita bisa menemukannya di Pasar Senen atau inang-inang. Sekarang Anda bisa menemukannya hampir disetiap sisi jalan kota Jakarta. Bahkan sudah ada marketplace khusus tempat jualan barang secondhand, salah satunya adalah Carousell.

Bila Anda berminat untuk menjajal bisnis ini, mulailah cari informasi toko baju bekas atau supplier baju import bekas. Anda bisa kunjungi Pasar Tanah Abang, Pasar Senen atau mendatangi pasar malam. Pilihlah pakaian yang kondisinya masih bagus dan layak untuk dijual kembali. Untuk modal memulai usahanya sendiri sangat terjangkau, dengan modal Rp 5 juta Anda bisa memborong kira-kira 400 pcs pakian dengan model yang berbeda-beda. Satu potong baju Anda bisa menjualnya sekitar Rp 15-50 ribu.

Bisnis Hijab

Saat ini pengguna busana muslim sedang meningkat. Banyak wanita yang memutuskan hijrah dan tampil syari namun tetap ingin modis. Meingkatnya pemakain busana muslim tentu juga meningkatkan pemakian hijab. Sehingga bukan hanya bisnis busana muslim saja yang berpotensial dapat, tapi juga berbisnis menjual hijab.

Untuk memulai bisnis ini pun tidak lah sulit, namun harus dipastikan Anda mengikuti tren  busana muslim terkini agar semakin banyak peminatnya. Anda pun bisa coba membuat dengan gaya atau style Anda sendiri, namun pastikan tetap ada unsur mode terkini yang Anda sematkan pada desain Anda. Modal yang dibutuhkan minimal Rp 1 juta untuk membeli bahan dan juga biaya jasa konveksi. Dari bahan tersebut kurang lebih bisa menghasilkan 50 pcs hijab dengan aneka model dan corak.

Bisnis Pakaian Batik


Kini batik mulai menerangkan coraknya di ranah fashion, tidak hanya di Indonesia bahkan dunia. Melihat hal ini bisnis batik pun semakin mentereng. Meskipun sudah banyak yang menjalankannya namun tidak menutup kemungkinan bagi pemula yang ingin berkecimpung di bisnis ini. Bisnis ini tidak hanya mengaet kalangan kelas atas saja namun juga menengah, sehingga sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin usaha batik kecil-kecilan. Bila Anda bisa menjahit, Anda bisa memulainya dengan menjadi perancang atau kalau tidak menjadi reseller dengan menjual produk orang lain juga menguntungkan.

Bagaimana modalnya? sama seperti bisnis fashion lainnya, jual pakaian batik juga tidak membutuhkan modal yang besar, untuk batik dengan kualitas premium Anda cukup memerlukan modal sekitar Rp 5 juta untuk 150 pakaian batik. Satu baju batik Anda bisa hargai sekitar Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu.

Bisnis Online Shop

Bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah bisnis online shop. Bisnis yang satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga Anda bukan? Kebanyakan online shop menjual produk pakian, sepatu dan aksesoris maka identiklah online shop sebagai toko online menjual produk-produk fashion. Padahal tidak hanya itu saja loh yang bisa dijual secara online. Berikut ini bisnis online shop yang juga bisa Anda jadikan pilihan untuk usaha.

Bisnis Online Snack Impor


Makanan ringan atau snack tentu semua orang suka. Tapi bagaimana bila cemilan itu tidak lagi dipasarkan atau ada di Indonesia? Mungkin ada yang sampai pesan online atau titip ke sahabat yang ingin bepergian ke negara asal cemilan itu untuk mencicipinya kembali. Nah, Anda bisa manfaatkan momen ini. Caranya dengan menjual cemilan import yang jarang ada di Indonesia. Untuk terjun ke bisnis ini Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper sebagai permulaan. Untuk mendapatkan harga yang murah mulai lah cari supplier snack impor di internet. Jangan cukup hanya satu toko online saja, carilah 3 toko online untuk membandingkan harganya.

Bisnis Online Pernak-Pernik Rumah


Pernak pernik rumah biasanya banyak dicari di toko-toko yang menjual berbgai interior rumah. Namun kini dengan semakin berkembangnya teknologi internet, pernak pernik cantik untuk menghias rumah sudah bisa ditemukan melalui smartphone. Bisnis pernak pernik homemade seperti lampu hias, vas bunga, bunga plastik merupakan bisnis online yang cukup menggiurkan. Nah, bila Anda punya keahlian membuat berbagai pernak pernik untuk rumah cobalah untuk merintis bisnis yang satu ini. Pasarkan karya Anda melalui website atau media sosial.

Bisnis Online Produk Kecantikan


Bisnis yang berhubungan dengan wanita pastilah menggiurkan, apalagi kalau itu berhubungan untuk mendukung penampilan mereka. Dari ujung rambut hingga kaki para wanita pasti menggunakan produk tertentu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Oleh karena itu memulai bisnis produk seperti shampoo, body lotion, body soap hingga make up tentunya sangat sayang bila tidak dicoba. Tidak hanya toko saja, produk produk-produk kecantikan pun ramai pembelinya di dunia maya atau internet. Bagaimana modal yang diperlukan? Modalnya juga bisa dibilang terjangkau, cukup Rp 1- Rp 2 juta Anda sudah bisa menjual berbagai macam produk kosmetik secara online.

Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner adalah usaha rumahan yang memiliki peluang sangat bagu untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan tidak pernah sepi, mengingat peminatnya sediri dari semua kalangan dan lapisan masyarakat. Maka tidak mengherankan jika pengusaha yang terjun di bisnis di bidang kuliner ini selalu didatangi pembeli. Apa saja bisnis kuliner yang bisa dijalankan di rumah dengan modal yang kecil? Berikut ini beberapa di antaranya.

Bisnis Makanan Ringan Rumahan


Makanan ringan seperti keripik, batagor, siomay, gorengan dan lain sebagainya adalah bisnis skala rumahan yang banyak sekali peminatnya. Tidak heran jika bisnis ini disebut bisnis rumahan yang cukup berpotensi. Namun tidak sedikit yang menyadari bahwa untuk menjalankan bisnis juga butuh strategi untuk mendapatkan keuntungan. Kebanyakan pengusaha hanya sekedar menjalankan saja apa yang sudah ada, tanpa membuat inovasi baru agar berbeda dari yang lain. Sehingga keuntungan yang didapatkan pun tidak memuaskan.

Nah, kalau Anda ingin usaha makanan ringan rumahan namun ingin mendapatkan hasil yang besar mulailah berinovasi. Ciptakan produk makanan ringan baru yang bisa membuat konsumen pensaran dan tertarik dengan produk Anda, misalnya buat keripik dari sayuran, batagor dan siomay ayam bumbu pedas atau yang lainnya.

Nah Itulah Ide Bisnis Di Rumah Dengan Modal Kecil Untuk Menambah Penghasilan Layak Untuk Di Coba

Belum ada Komentar untuk "Ide Bisnis Di Rumah Dengan Modal Kecil Untuk Menambah Penghasilan Layak Untuk Di Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel