Tips Sukses Mulai Bisnis Rumahan Untuk Pemula


Saat ini, bisnis rumahan menjadi semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Seseorang dapat memilih jenis bisnis yang tepat dan membangun bisnis di rumah menggunakan ruang kosong seperti garasi, pekarangan, dll.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis rumahan Anda sendiri, ada beberapa hal yang perlu diingat. Berikut adalah 5 tips yang harus Anda pertimbangkan ketika membangun bisnis Anda. Hal-hal tersebut berkaitan dengan apa yang harus Anda persiapkan sejak awal.

Identifikasi produk yang akan Anda jual

Saat ini banyak yang menjual produk-produk unik dan belum pernah ada sebelumnya seperti kopi kekinian, kue kekinian, dll. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mengambil produk yang sudah ada dan memodifikasinya dengan sesuatu yang lebih unik.

Contoh yang bisa Anda lihat adalah pisang. Contoh penjualan yang unik adalah bisnis bongkahan pisang yang dirintis oleh Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, dimana bongkahan pisang dimodifikasi dengan bahan-bahan kaya yang jarang digunakan dalam pisang goreng seperti selai Nutella, Ovomaltine, dll.

Visi dan misi bisnis yang jelas

Setelah Anda mengidentifikasi produk untuk dijual, Anda akan beralih ke dasar-dasar bisnis, visi, dan misi Anda. Visi dan misi akan membantu Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan. Dalam hal ini, buatlah visi dan misi dengan jelas.

Visi adalah pola pikir fundamental bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat menggambarkannya sebagai beberapa poin yang akan ditulis di bagian tugas. Ini akan membantu Anda mengembangkan rencana jangka panjang untuk bisnis Anda.

Hitung modal dan pilih waktu yang tepat untuk memulainya

Bisnis tanpa modal tidak akan berjalan. Seperti halnya sepeda motor, modal berperan sebagai bahan bakar yang menggerakkan sepeda motor. Untuk ini, Anda memerlukan dana yang cukup untuk memulai bisnis Anda. Jika belum punya, Anda bisa mengajukan pinjaman modal ke bank terpercaya atau P2P Lending.

Setelah itu, pilih waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kue kering, Anda dapat memulainya pada hari-hari besar seperti Ramadhan atau Natal. Biasanya Idul Fitri membutuhkan cookies sebagai pendamping hari raya yang bisa dijadikan waktu yang tepat untuk berbisnis.

Mempersiapkan kebutuhan bisnis

Dalam menjalankan bisnis, ada dua hal penting yang harus menjadi fokus, operasional dan keuangan. Operations fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Dengan cara ini, Anda dapat fokus melihat proses bisnis yang dimulai dengan pembuatan produk, pemasaran, penjualan, dan lainnya.

Selain itu, ada bagian lain yang harus ada dalam perusahaan, yaitu bagian pengelolaan keuangan. Untuk mempermudah bisnis rumahan Anda, manfaatkan perangkat lunak akuntansi gratis yang dapat membantu Anda menyimpan pembukuan.

Paper.id adalah platform bisnis untuk kebutuhan bisnis rumahan mulai dari invoice, accounting, dan inventory. Semua kebutuhan bisnis mulai dari penagihan, catatan keuangan hingga penghitungan inventaris dapat ditangani dengan mudah. Sederhana dan gratis untuk digunakan membantu pengusaha bisnis rumahan mengatasi kesulitan menyimpan laporan keuangan dengan mudah dan mudah.

Pemasaran

Setelah semuanya diatur, Anda siap untuk memasarkan produk Anda. Gunakan media sosial sebagai media pemasaran yang mudah, murah, dan berkinerja terbaik. Menurut data yang dipublikasikan oleh sproutsocial dan statista, Instagram dan Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan oleh para pebisnis Indonesia untuk mempromosikan bisnis Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Mulai Bisnis Rumahan Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel