Hati Hati Telah Beredar Aplikasi Salat dan Azan yang Mencuri Data Pribadi

Makin banyak aplikasi yang disisipi perangkat jahat, seperti untuk mencuri data pribadi. Bahkan ditemukan aplikasi salat dan azan yang telah ditengarai melakukan aksi pencurian data pribadi.

Lebih mengherankannya, beberapa aplikasi salat dan azan ini sempat beredar resmi di Google Play Store. Bahkan telah diunduh jutaan pengguna. Menurut laporan analisis, telah lebih dari 45 juta pemasangan atau instalasi aplikasi-aplikasi ini dilakukan.

Hati Hati Telah Beredar Aplikasi Salat dan Azan yang Mencuri Data Pribadi



Dari postingan akun Instagram resmi Siber Polda Metro Jaya, @siberpoldametrojaya (19/4/2022), serangkaian aplikasi di Google Play Store ini telah mengumpulkan data pribadi dan sesnitif pengguna.

Data-data tersebut berpotensi disalah gunakan yang signifikan akibat dari kemanan dan database yang buruk. Aplikasi ini telah mencuri data GPS, nomor telepon, hingga password dan informasi sensitif lainnya.

Aplikasi ini mencuri data pengguna melalui pengembang perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencakup kemampuan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email, nomor telepon, bahkan MAC router modem dan jaringan SSID jaringan.

Menurut Siber Polda Metro Jaya, berikut ini 11 aplikasi yang ditengaai telah mencuri data pengguna. Termasuk di antaranya ada aplikasi salat dan azan yang tersedia di Google Play Store.

Speed Camera Radar
Al-Moazin Lite (Prayer Times)
WiFi Mouse (remote control PC)
QR & Barcode Scanner
Qibla Compass - Ramadan 2022
Simple Weather & Clock Widget
Handcent Nex SMS - Text w/MMS
Smart Kit 360
Al Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio
Full Quran MP3 - 50 + Language & Translation Audio
Audiosdroid Audio Studio DAW

Pihak Siber Polda Metro Jaya juga memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya aplikasi pencuri data pribadi penggunanya.

"Waspada Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data Pribadi Beredar di Play Store, Sudah Diunduh 10 Juta Pengguna!" tulis dalam caption postingan tersebut.

"Sobat Siber, waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store." lanjut Siber Polda Metro Jaya.

Cek lagi apakah ada aplikasi-aplikasi tersebut terinstal di HP Android kamu. Waspadai dan amankan data pribadi kamu agar tidak salah gunakan.

Sumber: https://www.hitekno.com/gadget/2022/04/21/132222/waspada-beredar-aplikasi-salat-dan-azan-yang-mencuri-data-pribadi

Belum ada Komentar untuk "Hati Hati Telah Beredar Aplikasi Salat dan Azan yang Mencuri Data Pribadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel