21 Peluang Usaha Di Desa Yang Wajib Di Coba


Kontribusi Desa dalam menopang perekonomian nasional tidak diragukan lagi. Apalagi beberapa tahun terakhir ini program pembangunan desa merupakan prioritas pemerintah pusat utamanya perbaikan sektor ekonomi, keadaan ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih menjelajahi berbagai peluang usaha di desa. Selain itu, kembalinya para sarjana ke desa menjadi sumberdaya besar dalam menggerakkan ekonomi di desa, salah satunya dengan mendirikan usaha di desa. Berikut berbagai jenis peluang usaha di daerah pedesaan;

1. Penjualan Aneka Bibit Tanaman 

Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha menjanjikan di desa karena selain kondisi lingkungan yang sangat mendukung, seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air. Peluang usaha di desa ini memiliki pasar yang luas, apalagi semenjak hadirnya marketplace  yang memungkinkan kita memasarkan produk secara daring. Bervariasinya jenis bibit juga membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk melakukan usaha bisnis di desa ini. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit menjadi usaha di desa yang menjanjikan. Penjualan bibit juga dapat menjadi usaha produktif di desa karena naiknya tren menanam di masyarakat perkotaan semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut.    

2. Usaha Jasa Servis Parabola 

Untuk desa yang agak terpencil, parabola menjadi alat yang penting bagi masyarakat. Parabola diandalkan masyarakat sebagai alat untuk menerima siaran TV. Sama seperti alat-alat elektronik lainnya, parabola butuh perawatan dan teknisi khusus jika bermasalah. Oleh karena itu, jasa servis parabola dapat menjadi pilihan bisnis di desa terpencil.  Bisnis pedesaan ini mempunyai pasar yang cukup luas karena dapat melayani di desa satu kecamatan ataupun antar kecamatan. Selain itu, perkembangan teknologi parabola cukup dinamis sehingga keterampilan ini juga menjanjikan ke depannya. 

3. Usaha Jasa Titip Ke Kota 

Usaha jasa titip ke kota merupakan bisnis di desa yang menguntungkan saat ini. Dalam konteks di desa, cara kerja bisnis ini adalah dengan membeli barang sesuai dengan permintaan konsumen ketika kita berada di kota dan nantinya konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut. Bisnis desa ini sangat terbantu dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi sehingga menjadi peluang besar usaha di kampung untuk anak muda. Seperti dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, kita dapat mengumpulkan konsumen dalam satu grup sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mereka, seperti mengirim foto barang yang dititipkan untuk memastikan barang titipan sudah sesuai pesanan. Peluang usaha di daerah pedesaan ini menguntungkan kedua pihak, baik itu untuk pekerja jasa titip ataupun untuk masyarakat karena tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu.     

4. SPBU Mini 

Jika membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar membutuhkan dana yang sangat besar, beda halnya dengan pom bensin mini atau Pertashop yang bekerjasama dengan Pertamina. Pertashop dapat menjadi bisnis di desa yg menguntungkan karena memiliki pasokan rutin dari pertamina dan harga yang sama dengan yang dijual pertamina.  Selain itu, Pertashop merupakan bisnis di daerah pedesaan yang cukup potensial karena jumlah SPBU Pertamina sangat terbatas yang berada di dekat desa sehingga kehadiran Pertashop sangat bermanfaat bagi masyarakat.    

5. Usaha Penjualan Tanaman Hias 

Permintaan tanaman hias mengalami kelonjakan yang cukup signifikan saat ini. Dapat dilihat ketika akhir pekan dengan banyaknya warga kota mengunjungi desa-desa yang memiliki potensi tanaman hias. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias adalah usaha di desa yang menjanjikan saat ini. Usaha ini juga merupakan usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah karena kondisi lingkungan desa yang mendukung. Kehadiran marketplace membantu bisnis desa ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman.    

6. Pembuatan Pot Tanaman 

Meningkatnya permintaan akan tanaman hias diikuti dengan permintaan akan pot tanaman. Oleh karena itu, pembuatan pot tanaman merupakan usaha di desa yg menguntungkan saat ini, apalagi ketika kita dapat memenuhi tuntutan aspek estetis dari konsumen. Karena tidak bisa dipungkiri, aspek kegunaan saja belum cukup, diperlukan aspek estetis yang baik seperti warna dan motif agar laku di pasaran. Sebagai bisnis yang cocok di desa, usaha ini memiliki banyak pilihan bahan baku, mulai dari semen, tanah liat, plastik, kayu, sampai dengan porselen. Sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan alat dan bahan baku yang tersedia di desa.    

7. Usaha Kerajinan Mebel 

Ini adalah bisnis yang bagus di desa yang masih memiliki pohon-pohon besar yang dapat dijadikan bahan baku furnitur sesuai dengan aturan yang ada. Walaupun membutuhkan modal yang banyak untuk membeli bahan baku, peralatan, dan menyewa pekerja tambahan jika dibutuhkan, namun kerajinan mebel merupakan bisnis pedesaan yang menguntungkan karena pasarnya tidak hanya menjangkau kota-kota besar dalam negeri, namun juga terbuka kesempatan besar untuk diekspor ke luar negeri. Kehadiran teknologi digital memungkinkan masyarakat, termasuk pengusaha mebel di desa untuk melakukan riset pasar dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak utamanya konsumen dan partner usaha yang dapat mendorong kerajinan mebel menjadi bisnis sukses di desa. 

8. Usaha Jual Ikan Asin 

Ikan Asin dapat dijadikan usaha di daerah pedesaan yang cukup potensial, utamanya desa yang berada di dekat laut, sungai, danau, ataupun desa yang memiliki banyak empang. Hal yang paling penting dari bisnis untuk di desa ini adalah pasokan bahan baku ikan dan lahan untuk menjemur. Usahakanlah untuk membeli ikan langsung dari nelayan agar dapat menghemat modal yang dikeluarkan. Jualan ikan asin merupakan usaha di desa yang memiliki pasar yang cukup luas, bahkan sampai dengan ke mancanegara.  Oleh karena itu, diperlukan riset yang baik mengenai komoditas ikan yang paling dicari di daerah anda, kota-kota besar di Indonesia, ataupun pasar luar negeri. 

9. Menjadi Sub Agen Elpiji 3Kg 

Sub Agen Elpiji 3Kg adalah pihak yang mempunyai izin untuk menyalurkan gas elpiji kepada pengecer atau masyarakat umum. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg dapat menjadi peluang usaha di kampung yang menjanjikan keuntungan yang cukup baik karena jumlah pengecer cukup banyak. Walaupun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan permohonan izin, namun jika sudah berjalan dengan baik dapat menjadi bisnis di kampung yg menguntungkan. Untuk syarat lengkap menjadi sub agen gas elpiji 3kg silahkan menghubungi pertamina terdekat di tempat anda.  

10. Minuman Ringan  

Jualan minuman dapat menjadi jenis usaha pinggir jalan kampung yang cukup menggiurkan. Apalagi jika posisisnya berada di jalan poros desa atau berada di dekat tempat seperti lapangan olahraga ataupun sekolah. Jualan minuman ini dapat menjadi usaha di desa yang sukses jika di kelola dengan konsisten dan rajin berinovasi, karena tidak bisa dipungkiri jika masyarakat sangat gandrung dengan sesuatu yang baru. Selain itu, hal lainnya yang membuat jualan minuman menjadi bisnis menjanjikan di kampung adalah tidak membutuhkan banyak modal dan bahan bakunya sangatlah muda diperoleh. 

11. Jasa Servis Motor  

Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu dan kebutuhan akan pekerjanya juga terus meningkat, tak terkecuali di desa. Jika anda mempunyai skill ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor dapat menjadi usaha di daerah pedesaan anda yang cukup menguntungkan.   Jika anda belum mempunyai skill yang mumpuni, terdapat banyak tempat pelatihan untuk meningkatkan skill anda, baik itu dari pihak pemerintah ataupun swasta. Selain itu, untuk urusan suku cadang, sudah terdapat banyak distributor yang menyediakan berbagai suku cadang motor dan beberapa diantaranya sudah dapat diakses melalui marketplace ataupun situs tersendiri mereka. Oleh karena itu, cukup wajarlah jika jasa servis motor dapat menjadi bisnis di kampung yang menjanjikan melihat peluangnya yang begitu besar. 

12. Kerajinan Tangan 

Asli Desa Banyak desa yang memiliki hasil kerajinan tangan yang khas dan jika dikelola dengan baik tentunya dapat menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Berbagai bentuk kerajinan tersebut dapat berupa keranjang, gelang, ukiran kayu, kerajinan kain, topi, dan berbagai produk lainnya. Walaupun sebagai bisnis di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tinggal bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut. 

13. Penginapan  

Jika anda tinggal di desa yang memiliki potensi wisata yang besar, mempersiapkan rumah sendiri untuk siap dihuni oleh wisatawan dapat menjadi peluang bisnis di kampung halaman. Walaupun tidak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang betul-betul natural. Anda juga dapat menyediakan beberapa fasilitas seperti yang ada di hotel sesuai dengan kemampuan yang dimiliki seperti akses wifi. Sebagai bisnis yang cocok untuk di desa, bisnis penginapan ini dapat berjalan maksimal jika anda membangun kerjasama dengan tempat wisata di sekitar tempat anda. Selain itu, memanfaatkan berbagai layanan media sosial juga membantu anda untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas. 

14. Menjadi Reseller 

Suatu Produk Desa juga telah menjadi target pemasaran berbagai brand nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai sektor seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Oleh karena itu, reseller dapat menjadi peluang usaha yg menjanjikan di desa. Bahkan menjadi reseller  dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di kampung jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada. Jika anda sudah melakukan riset produk mana yang paling potensial di jual di desa, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah bagaimana agar masyarakat tahu jika anda adalah reseller  resmi brand tersebut, maka ada baiknya untuk menyiapkan etalase sederhana untuk produk yang anda jual jika mempunyai modal lebih.  Selain itu, sebagai bisnis yang cocok untuk di kampung, jika memungkinkan, anda perlu menyesuaikan waktu pembayarannya sesuai dengan keadaan masyarakat, seperti pembayaran dapat dilakukan ketika telah masuk masa panen. 

15. Usaha Jual Beli Ikan Hias 

Usaha jual beli ikan hias dapat menjadi bisnis di desa yang menjanjikan apalagi jika dari awal anda sudah mempunyai hobi di bidang tersebut. Anda juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang tidak terlalu besar jika ingin menjalankan usaha ini.    Ada berbagai jenis ikan hias yang laku di pasaran seperti ikan Koi, ikan Mas Koki, ikan Cupang, ikan Molly, dan berbagai jenis ikan lainnya sehingga membuat jual beli ikan hias menjadi usaha di desa yang menguntungkan karena memiliki pasar yang luas. Jika anda baru ingin memulai usaha ini, ada banyak sekali channel di YouTube yang memuat berbagai tips dan trik dalam memelihara ikan hias. 

16. Lobster Air Tawar 

Selain lebih murah dibandingkan lobster air laut, lobster air tawar juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan kolesterol yang lebih rendah, oleh sebab itu budidaya lobster air tawar dapat menjadi usaha di desa yang sukses karena kelebihannya tersebut. Sama seperti usaha ikan hias, budidaya lobster dapat dijalankan walaupun anda tidak memiliki lahan yang luas. Pasar ekspor untuk komoditas ini juga masih sangat besar seperti ke negara Korea, Jepang, dan Singapura adalah tujuan ekspor utama. 

17. Ternak Lele 

Walaupun jenis usaha ini tidak terbilang baru dan sudah cukup banyak yang menjalankannya, ternak lele masih menjadi bisnis di desa yg menjanjikan karena permintaannya masih tinggi dan bahkan keran ekspor ke berbagai negara telah terbuka. Bibit ikan lele juga cukup mudah untuk di dapatkan baik itu di marketplace atau mendatangi langsung penjualnya dan kolamnya tidak harus membutuhkan lahan yang luas.  Karena jumlah usaha ternak lele cukup banyak maka anda perlu strategi pemasaran yang baik, seperti melakukan pemetaan pedagang pecel lele yang potensial, mencari kesempatan kerja sama dengan supermarket dan restaurant, sampai dengan memasarkannya melalui media sosial. Jika strategi tersebut dapat dimaksimalkan, budidaya lele dapat menjadi usaha di pedesaan yang menjanjikan untuk saat ini dan ke depannya untuk anda. 

18. Keramba Jaring Apung 

Usaha keramba jaring apung adalah bisnis yang cocok di kampung yang berada dekat dengan laut. Walaupun membutuhkan modal cukup banyak namun memiliki keuntungan yang besar jika berhasil. Usaha ini dapat dilakukan secara bersama seperti melalui kelompok nelayan. Biaya pemeliharaannya juga tidak tinggi namun anda perlu memperhatikan gangguan pencemaran laut seperti sampah. 

19. Usaha Pewangi Pakaian Literan 

Pewangi usaha pakaian literan cukup digandrungi saat ini karena karena merupakan pewangi alternatif yang memiliki wangi cukup lama dengan harga yang tidak mahal. Tidak mengherankan jika menjual pewangi pakaian ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di desa. Pewangi pakaian ini juga memiliki berbagai varian wangi yang bervariasi dengan berbagai jenis ukuran wadah, seperti dalam botol 1 atau dalam jerigen mini. Jadi sebelum menjadi reseller, anda perlu melakukan riset kecil wangi yang banyak diminati masyarakat umum dan ukuran yang sesuai untuk masyarakat di desa. Selain itu, bisnis ini dapat menjadi usaha di kampung untuk anak muda yang memiliki latar belakang akademik kimia. Dengan modal pengetahuan kimia, anda dapat meracik formula jenis pewangi ini karena bahan bakunya tidak sulit didapat dan melengkapi persyaratan jika ada dari pemerintah.  

20. Rental PlayStation 

Jika jaringan listrik di desa anda cukup stabil dan desa anda mempunyai jumlah anak-anak dan remaja yang cukup banyak, rental PlayStation dapat menjadi bisnis yang cocok untuk di kampung anda. Jika anda ingin mengetes pasarnya, anda bisa mulai dengan menghadirkan dua unit saja (2 TV Flat dan + 2 PlayStation 4), jika pengunjungnya ramai dan tidak pernah putus, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menambah unitnya lagi. 

21. Membuka Jasa Bimbingan Belajar 

Walaupun bukan merupakan peluang usaha daerah pedesaan yang memiliki keuntungan besar, namun membuka jasa bimbingan belajar sesuai dengan pelajaran yang kita kuasai, tetap dapat memberikan kita pemasukan lebih sambil membantu adik-adik untuk memahami pelajaran di sekolah. Apalagi di masa pendemi ini di mana jam pertemuan langsung antara siswa dan murid jadi berkurang. Selain itu, ini juga membantu para sarjana muda agar tidak lupa akan pengetahuan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. Berita asli bisa 


Sumber: https://digitaldesa.id/artikel/30-peluang-usaha-di-desa-yang-potensial-dan-menguntungkan

Sumber : https://penimbun.kec-karanggayam.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/125/113

Belum ada Komentar untuk "21 Peluang Usaha Di Desa Yang Wajib Di Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel